Washington (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken memberi dukungan kepada Wakil Presiden Kamala Harris dengan menyebutnya sebagai "suara utama" dalam pemerintahan Biden setelah Presiden Joe Biden mendukungnya untuk maju pada kampanye pemilihan presiden.

“Saya dapat mengamatinya dengan sangat dekat di Ruang Situasi, di Ruang Oval, di seluruh dunia, sebagai suara utama bagi kebijakan luar negeri Amerika dan diplomasi kita,” kata Blinken kepada wartawan di Departemen Luar Negeri, Selasa (23/7).

Blinken merefleksikan 3,5 tahun masa jabatan Harris di pemerintahan Biden dengan mengatakan wakil presidennya sebagai suara terdepan bagi AS di seluruh dunia.

Hal itu termasuk di Timur Tengah, di mana Harris sangat terlibat dan berusaha menemukan jalan perdamaian ke depan.

“Dia adalah sosok yang terdepan dalam pemerintahan kita dan apa yang saya amati adalah seseorang yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan tajam, yang langsung menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan sangat fokus pada kepentingan rakyat Amerika dan memastikan bahwa kebijakan luar negeri kita berjalan dengan baik,” ucapnya.

Menteri itu juga mengatakan Harris melakukan segala yang bisa dilakukan untuk memajukan kepentingan-kepentingan Amerika dan merupakan suatu kehormatan baginya untuk melihat Harris dari dekat selama 3,5 tahun terakhir ini.

Baca juga: Harris dapat dukungan untuk menangi nominasi presiden Partai Demokrat

Biden selama sebulan menolak seruan Partai Demokrat untuk mengakhiri kampanye pemilihannya kembali karena tampil buruk dalam debat melawan calon dari Partai Republik Donald Trump pada Juni lalu.

Penampilan Biden pada Juni itu semakin menimbulkan pertanyaan tentang ketajaman mental dan kemampuannya untuk mengalahkan mantan presiden Trump pada November mendatang.

Kemudian, Biden mundur dan menawarkan dukungan penuh kepada wakil presidennya.

Kendati demikian Wapres Kamala Harris tidak secara otomatis menjadi kandidat presiden partai tersebut.

Keputusan siapa calon presiden Demokrat akan diserahkan kepada delegasi partai dalam konvensi yang bisa jadi akan digelar dalam waktu dekat.

Sebagian besar calon pesaing untuk kandidat presiden yang tadinya ramai telah mengundurkan diri dan berbalik mendukung Harris dalam upaya untuk memperkuat persatuan partai menjelang pemilu bulan November.

Komite Peraturan dari Komite Nasional Demokrat diperkirakan akan bertemu pada Rabu sore untuk menetapkan kerangka kerja untuk secara resmi memilih calon dari partai tersebut.

Sumber : Anadolu

Baca juga: Kamala Harris berjanji memenangkan pemilihan presiden AS 2024
 

Penerjemah: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024