Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI memberikan izin dan rekomendasi pembentukan tiga Lembaga Amil Zakat (LAZ) baru guna mendorong potensi zakat di Indonesia yang mencapai Rp327 triliun per tahun.

Ketiga LAZ yang diberikan izin tersebut adalah Yayasan Rintisan Amal Bunda, Yayasan Sahabat Almira Indonesia dan Yayasan Darul Fattah Peduli, dengan penandatanganan pakta integritas yang wajib dipatuhi.

"Pakta integritas ini adalah bentuk komitmen kita bersama untuk menjaga kepercayaan umat. Pengelolaan zakat harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan," kata Pimpinan Baznas RI Bidang Koordinasi Nasional, KH Achmad Sudrajat melalui keterangan di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Baznas luncurkan Program Beasiswa Dalam Negeri dan Mahad Aly 2024

Achmad menjelaskan pakta integritas yang ditandatangani berisi sejumlah komitmen penting, seperti transparansi pada pelaporan keuangan, akuntabilitas dalam penggunaan dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS), serta independensi dari hal-hal politik.

Rekomendasi ini, kata dia, merupakan langkah penting Baznas dalam memperkuat pengelolaan zakat di Indonesia dengan mengacu pada prinsip Aman Syar'i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI atau 3A.

Achmad mengapresiasi pimpinan ketiga LAZ tersebut, seraya mengingatkan kepada mereka bahwa tata kelola dan manajemen yang kuat dalam pengelolaan zakat penting untuk selalu diperhatikan.

"Terima kasih kami sampaikan kepada para pimpinan LAZ serta jajarannya yang telah bersama menjadi pejuang zakat. Ini juga menjadi bagian kita untuk menunjukkan dakwah syariah kita bahwa kontribusi umat Islam itu nyata," ujarnya.

Melalui rekomendasi ini, Achmad berharap para LAZ bisa menjadi lebih bersemangat dalam mengelola zakat yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi umat Islam di Indonesia.

Baca juga: Menag apresiasi pengelolaan dana ZIS Baznas lewat Program Beasiswa BCB

Baca juga: Baznas ungkap realisasi dana ZIS 2023 mencapai Rp33 triliun


Sementara itu, salah satu perwakilan dari ketiga LAZ tersebut, yakni Ketua Yayasan Darul Fattah Peduli, Aryasin mengucapkan terima kasih kepada Baznas RI yang telah memberikan kepercayaan kepada lembaganya dalam mengelola dana ZIS.

Ia menegaskan komitmennya untuk menjalankan pengelolaan zakat secara profesional. "Dengan upaya terbaik, kami akan terus berusaha untuk menjalankan amanah yang diberikan ini dengan sebaik-baiknya," ucap Aryasin.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024