Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI meluncurkan Program Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) Dalam Negeri dan Mahad Aly 2024 guna menyediakan dana pendidikan kepada mahasiswa di kampus-kampus perguruan tinggi yang bermitra dengan Baznas.

Ketua Baznas RI Noor Achmad melalui keterangan di Jakarta, Rabu, mengatakan program ini merupakan program andalan Baznas yang bisa mempercepat perubahan secara signifikan dari mustahik (penerima manfaat) zakat menjadi muzaki (pembayar zakat).

"Dalam kajian kami, hanya dengan beasiswa inilah, yang paling cepat untuk merubah yang semula mustahik menjadi muzaki. Mungkin hanya dalam waktu lima tahun, paling tinggi-tingginya delapan tahun, mereka keluar, kemudian bekerja, itu berarti sudah menjadi muzaki, paling tidak menjadi munfik atau mutashoddiq (orang yang bisa berinfak atau bersedekah)," katanya.

Hingga saat ini, katanya, terdapat 162 kampus yang menjadi mitra, dengan rincian 113 mitra kampus dalam negeri dan 49 mitra kampus Mahad Aly yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, terdapat 3.552 alumnus program ini yang telah bekerja menjadi karyawan di perusahaan swasta, organisasi nirlaba, tenaga kesehatan, dan aparatur sipil negara (ASN).

Baca juga: Menag apresiasi pengelolaan dana ZIS Baznas lewat Program Beasiswa BCB

Pada tahun ini, kata Noor, Baznas tidak hanya memberikan beasiswa bagi mahasiswa aktif, namun juga kepada 7.418 santri calon mahasiswa yang tengah bersiap untuk mendaftar di perguruan tinggi.

"Terima kasih atas seluruh bantuan, dukungan dari Gus Menteri, Kemenag, dan tentunya kepada seluruh pimpinan Baznas yang sudah bekerja keras siang dan malam menyusun skema-skema program untuk menyejahterakan umat dan mempersiapkan generasi terbaik bangsa. Melalui program beasiswa ini, insyaallah akan memperkuat kultur dan peradaban umat ke depannya terutama dalam menyambut Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan menekankan bahwa pendidikan faktor kunci proses perubahan keluarga mustahik menjadi muzaki di kemudian hari.

"Melalui pendidikan yang layak, anak mustahik diharapkan dapat membangkitkan perekonomian keluarga agar bisa berdaya dan keluar dari kemiskinan," ujarnya.

Para mahasiswa yang ingin menjadi peserta program ini dapat mendaftarkan diri secara langsung ke kampus masing-masing melalui tim seleksi kampus.

Panduan pendaftaran Beasiswa Cendekia Baznas 2024 dapat diunduh di https://bazn.as/panduanbcbdn2024 untuk BCB Dalam Negeri, dan https://bazn.as/panduanbcbma2024 untuk BCB Mahad Aly. Sedangkan tautan informasi pendaftaran dapat diakses di https://bazn.as/infodaftarbcb2024.

Baca juga: Beasiswa Baznas bantu loloskan ribuan santri hingga perguruan tinggi
Baca juga: Baznas alokasikan Rp10 miliar untuk beasiswa zakat kader Muhammadiyah
Baca juga: Wapres dukung Baznas salurkan beasiswa Papua Cerdas cetak SDM handal

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024