Jakarta (ANTARA) -
Aktivitas bepergian merupakan suatu tindakan yang sering dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Sudah menjadi kebiasaan dalam Islam untuk memulai segala aktivitas, termasuk perjalanan, dengan selalu berdoa agar selalu dilindungi oleh Allah SWT.
 
Yang paling penting untuk diingat ketika membaca doa ini adalah semoga perjalanannya berkah dan selamat. Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk berdoa sebelum melakukan perjalanan, sejauh apa pun kita bepergian.
 
Hal ini menunjukkan pentingnya memohon perlindungan kepada Allah SWT di setiap kegiatan dalam kehidupan kita. Seorang muslim diingatkan akan kekuasaan dan keagungan Allah SWT dengan membaca doa hendak bepergian.
 
Selain itu, berdoa dapat membuat tenang pikiran, menghilangkan rasa cemas, dan menguatkan keimanan seseorang kepada Allah.
 
Hal tak terduga yang tidak diinginkan mungkin saja mengintai diri kita, sehingga penting untuk memohon perlindungan dan kelancaran dalam perjalanan.
 
1. Doa hendak bepergian jauh

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ
Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waathwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.
 
Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”
 
2. Doa ketika berkendara

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ
Alhamdulillahilladzi / subhanalladzi sakhkhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina wa inna ila rabbina lamunqalibun.
 
Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan kami-lah kami akan kembali."
 
3. Doa memohon kemudahan saat perjalanan versi pertama

اَللَّهُمَّ بِكَ أَسْتَعِيْنُ، وَعَلَيْكَ أَتَوَكَّلُ، اَللَّهُمَّ ذَلِّلْ لِي صُعُوْبَةَ أَمْرِيْ، وَسَهِّلْ عَلَيَّ مَشَقَّةَ سَفَرِيْ، وَارْزُقْنِيْ مِنَ الخَيْرِ أَكْثَرَ مِمَّا أَطْلُبُ، وَاصْرِفْ عَنِّي كُلَّ شَرٍّ، رَبِّ اشْرَحْ لِيِ صَدْرِيْ، وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ
Allahumma bika asta‘inu, wa ‘alaika atawakkalu. Allahumma zallil li su‘ubata amri, wa sahhil ‘alayya masyaqqata safari, warzuqni minal khairi mim ma aṭlubu, wasrif ‘anni kulla ṣyarr, rabbisrahli sadri wa yassir li amri.
 
Artinya: Ya Allah, kepada-Mu aku memohon pertolongan dan kepada-Mu aku berpasrah. Ya Allah, ringankan kesulitan pada urusanku, mudahkanlah kendala perjalananku, karuniakanlah kebaikan bagiku melebihi apa yang kuminta, palingkanlah segala keburukan dariku. Tuhanku, lapangkanlah hatiku dan mudahkanlah urusanku.
 
4. Doa memohon kemudahan saat perjalanan versi kedua

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هٰذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هٰذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ
Allahumma inna nas’aluka fi safarina hadza al-birra wat taqwa wa minal ‘amali ma tardla. Allahumma hawwin ‘alaina safarana hadza, wa-thwi ‘anna bu‘dahu. Allahumma antash shaḫibu fis safari, wal khalifatu fil ahli. Allahumma inni a‘udzubika min wa‘tsa-is safari wa ka-abatil mandhari wa su-il munqalabi fil mali wal ahli
 
Artinya: Ya Allah kami memohon kebaikan dan ketakwaan dalam perjalanan kami dan keridhaan dalam amalan kami. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini. Dekatkanlah jauhnya jarak perjalanan ini. Ya Allah Engkaulah yang menyertai kami dalam perjalanan ini, dan pengganti yang menjaga keluarga kami. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perjalanan yang sulit lagi melelahkan, dari pemandangan yang menyedihkan, serta dari tempat kembali yang buruk, baik dalam harta maupun keluarga.
 
Baca juga: Doa ketika ulang tahun, cara rayakan rasa syukur dalam Islam

Baca juga: Kumpulan doa memakai pakaian

Baca juga: Doa sebelum belajar, beserta bahasa arab, latin, dan keutamaannya
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024