Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Selasa (23/7), mulai dari Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka uji coba program Makan Bergizi Gratis dengan menu seharga Rp14.900 hingga musyawarah kerja nasional (mukernas) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bahas sikap gabung tidaknya dengan pemerintahan Prabowo-Gibran.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Gibran uji coba makan bergizi gratis dengan menu seharga Rp14.900

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menguji coba pelaksanaan program Makan Bergizi Gratis dengan menu seharga Rp14.900 di SDN Sentul 03 dan 02, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa.

"Untuk menu hari ini harganya Rp14.900 sudah termasuk ayam, nasi, sayur, buah-buahan, sama susu. Ini sekaligus mengklarifikasi bahwa anggarannya akan dipotong sampai Rp7.500, itu tidak benar," kata Gibran usai meninjau uji coba program Makan Bergizi Gratis di SDN Sentul 02.

Selengkapnya baca di sini.


2. Presiden percepat Surpres pergantian Ketua KPU

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempercepat proses administrasi penyusunan Surat Presiden (Surpres) perihal pergantian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk disampaikan kepada DPR RI.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi di sela peninjauan layanan Posyandu Rajawali 3, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa, menyikapi pernyataan Komisi II DPR yang hingga kini belum menerima Surpres dari Presiden Jokowi terkait penunjukan Ketua KPU baru pengganti Hasyim Asy'ari.

Selengkapnya baca di sini.


3. Cak Imin: Mukernas bahas sikap PKB gabung pemerintahan Prabowo-Gibran

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa musyawarah kerja nasional (mukernas) partainya membahas sikap bergabung dengan pemerintahan 2024—2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Itu termasuk akan dibahas," kata pria yang akrab disapa Cak Imin saat memberikan keterangan di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


4. Sekjen PDIP: Anies pernah jadi rival tapi sekarang teman berdialog

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai bahwa sosok Anies Baswedan pernah menjadi rival, tetapi pihaknya sekarang justru berdialog dengan mantan gubernur DKI Jakarta itu.

"Ya, Anies kadang-kadang kita kontestasi, kadang-kadang kita berdialog dengan Pak Anies karena PDI Perjuangan kan menyatukan," ujar Hasto di Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


5. Puan tekankan pentingnya kemitraan maritim pada Sidang Ke-2 IPPP

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan DPR yang menjadi tuan rumah Sidang Ke-2 Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) menekankan kemitraan maritim dengan sesama negara kepulauan sangat penting demi stabilitas kawasan.

“Forum ini bertujuan untuk mengembangkan kemitraan di berbagai bidang, termasuk konektivitas dan maritim dengan negara-negara di kawasan Pasifik,” kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024