Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus melaksanakan uji emisi kendaraan sebagai upaya mengurangi polusi udara di Jakarta.  

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto di Jakarta, Selasa mengatakan, pihaknya telah melakukan uji emisi sebanyak lebih dari 100 kali sejak tahun 2022 dan upaya ini akan terus dilakukan ke depannya.

"Kami dari tahun 2022 sudah melakukan uji emisi di tahun 2022 sudah 24 kali, 2023 sudah 44 kali dan 2024 sudah 44 kali. InsyaAllah uji emisi ini akan terus kami lakukan dan kami juga bekerja sama dengan KLHK," kata dia.

Asep menuturkan, pihaknya juga sudah melakukan berbagai upaya lain demi mengurangi polusi udara termasuk menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah di sekitar Jakarta guna meningkatkan kualitas udara di masing-masing wilayah.

Baca juga: Terpapar polusi udara terus-menerus bisa depresi
 
Petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan melakukan uji emisi di Kantor Wali Kota, Jakarta, Rabu (10/7/2024). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Selatan
Selain itu, pihaknya memberikan pelatihan kepada pemerintah daerah sekitar Jakarta untuk kompetensinya dalam hal uji emisi. "Dan itu sudah berjalan," tutur dia.

DLH DKI Jakarta juga bekerjasama dengan Dinas Perhubungan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat agar mulai beralih pada transportasi massal dan menggunakan sepeda saat beraktivitas.

DLH DKI Jakarta belum lama ini meluncurkan platform pemantauan kualitas udara, yakni udara.jakarta.go.id, guna memberikan informasi tentang kualitas udara.

Masyarakat yang selama ini menggunakan laman lain untuk mengetahui perkembangan pemantauan kualitas udara bisa mulai beralih ke platform baru Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tersebut.

Baca juga: Anggota DPRD DKI minta uji emisi harus masif agar efektif atasi polusi
 
Kendaraan roda dua saat mengikuti pelayanan uji emisi di Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2024). (ANTARA/Siti Nurhaliza)
Asep mengapresiasi upaya Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) DKI Jakarta dalam penanaman jutaan pohon dan penambahan ruang terbuka hijau (RTH). Diharapkan upaya ini diteruskan hingga masa mendatang.

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah mengusulkan kepada Pemprov DKI agar bekerjasama dengan pihak lain guna mengurangi polusi udara di Jakarta.

"Misalkan Dinas Lingkungan Hidup dengan SDA terkait dengan sepanjang kali itu kalau dipagar lalu dikasih pohon gantung, memang paling tidak mengurangi sedikitlah polusi. Kerja sama juga dengan Dinas Kehutanan," kata dia.
Baca juga: Anggota DPRD DKI minta uji emisi harus masif agar efektif atasi polusi

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024