Melahirkan generasi terbaik di Indonesia tentu menjadi salah satu tujuan utama kami di Pupuk Kaltim.
Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berkomitmen untuk memajukan pendidikan melalui pemberian beasiswa serta mengurangi prevalensi stunting melalui program perbaikan kesehatan dan gizi demi mendukung tumbuh kembang anak Indonesia.

“Melahirkan generasi terbaik di Indonesia tentu menjadi salah satu tujuan utama kami di Pupuk Kaltim,” ujar Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo, di Bontang, Kalimantan Timur, Selasa.

Dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, ia menuturkan bahwa pihaknya telah menjalankan berbagai program penanganan stunting, pemberian beasiswa, bantuan sosial untuk panti asuhan, edukasi untuk sekolah, hingga pembinaan sepak bola usia muda.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya telah menggagas program Pencegahan dan Pengendalian Stunting (Pedalgas) sejak 2022 untuk mendukung Pemerintah Kota Bontang dalam penanggulangan stunting demi terwujudnya generasi penerus yang unggul dan berdaya saing.

Melalui program tersebut, Pupuk Kaltim menyelenggarakan skrining kesehatan, pemberian makanan tambahan, pemantauan gizi, serta kelas edukasi bagi balita dan ibu menyusui.

Program tersebut pun berhasil menurunkan prevalensi stunting di salah satu kelurahan binaan dari 25,21 persen menjadi 19,78 persen.

Sementara itu, di bidang pendidikan, Budi mengatakan bahwa pihaknya memberikan beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP) yang hingga kini telah diterima oleh 240 orang di tingkat perguruan tinggi serta 178 peserta di tingkat SD hingga SMA/SMK sederajat.

Ia menuturkan bahwa pihaknya juga memiliki program beasiswa pendidikan vokasi industri yang dijalankan melalui kolaborasi dengan berbagai institusi pendidikan di berbagai daerah di Indonesia, untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang andal dan terampil sesuai kebutuhan industri.

Perseroan tersebut juga menyalurkan bantuan perpustakaan keliling di berbagai daerah, salah satunya di Maratua, Kabupaten Berau, Kaltim untuk meningkatkan budaya literasi di masyarakat.

Selain itu, Budi menyatakan bahwa pihaknya juga berupaya untuk mengembangkan bakat sepak bola anak-anak Indonesia melalui coaching clinic bersama Borneo FC untuk membina bakat muda pesepakbola lokal di Bontang.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga mengadakan berbagai turnamen yang melibatkan berbagai Sekolah Sepak Bola (SSB) setempat serta memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah tersebut.

“Harapannya, anak-anak yang kami lindungi, dukung dan jaga di masa sekarang, bisa menjadi generasi terbaik di masa depan. Karena amanah terbesar kami di Pupuk Kaltim adalah bagaimana kami bisa memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk anak-anak calon penerus bangsa,” katanya pula.
Baca juga: Pupuk Kaltim salurkan beasiswa senilai Rp1,2 miliar
Baca juga: Beasiswa Pupuk Kaltim wisuda 30 peserta vokasi Teknik Pengelasan


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024