Jakarta (ANTARA) -
Doa ulang tahun sering kita lupakan, padahal itu sangat diharapkan agar kita mendapatkan berkah dan kebaikan saat umur telah bertambah.

Dalam Islam, ulang tahun boleh dirayakan dengan melakukan kegiatan yang positif, tidak melakukan hal yang haram. Kendati demikian, lebih baik untuk koreksi diri, bersyukur, dan berdoa kepada Allah SWT atas rahmat bertambahnya usia.
 
Doa menjadi bagian penting dalam mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat kehidupan. Pada hari ulang tahun, dianjurkan untuk mengingat rasa syukur tersebut dengan berdoa, Allah SWT berfirman.
 
"Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali” (QS Maryam: 33).

Baca juga: Doa setelah shalat dhuha beserta tulisan arab, latin dan terjemahannya

Baca juga: Doa setelah shalat tahajud anjuran Rasulullah, arab latin dan artinya
 
Doa yang dapat dibaca ketika ulang tahun, sebagai berikut:

1. Doa ulang tahun diberi umur panjang dan keberkahan

Allahumma an’im ‘alayya bi ‘afwika, wa rizqika, wa fadlika, wa barakatika fi aajali wa ahli.

Artinya: "Ya Allah, berilah aku nikmat kesehatan, rizki, karunia, dan keberkahan dalam umur dan keluargaku."
 
2. Doa ulang tahun diberi harta melimpah

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii

Artinya: Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku
 
3. Doa ulang tahun diberi keselamatan

Allahumma inna nas-aluka salamatan fiddin wa afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-ilmi wa barakatan firrizqi, wa taubatan qablal-maut, wa rahmatan indal-maut, wa maghfiratan ba’dal-maut. Hawwin alaina fi sakaratil-maut, wannajata minannaari, wal-afwa indal-hisab

Artinya: "Ya Allah, kami memohon kepada Engkau akan keselamatan agama, kesehatan badan, tambahnya pengetahuan, berkahnya rezeki, mendapatkan taubat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati, mendapat ampunan sesudah mati. Dan ringankanlah kiranya dalam sakaratul-maut, dan selamatkanlah kiranya dari siksaan neraka, dan dapatkanlah kami ampunan pada hari hisab (perhitungan)."

4. Doa ulang tahun diberi ampunan dosa

Allahummagfirli khothiatiy wa jahliy wa isrofiy amriy wa maa anta a'lamu bihi minniy. Allahummaghfirliy hazliy wajidiy wa khothooyaaya wa 'amdiy wa kulli dzalika 'indiy
Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku, kesalahan-kesalahanku, kebodohanku, perbuatanku yang melampaui batas di setiap urusanku yang Engkau lebih mengetahui daripadaku. Ya Allah, ampunilah aku, canda tawaku, kesungguhanku, kesalahanku, kesengajaanku dan setiap perkara yang ada padaku."
 
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024