Imunisasi polio ini aman untuk diberikan kepada anak-anak dan akan dilakukan secara terus menerus selama sepekan ke depan ditambah lima hari sweeping
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan menargetkan sebanyak 104.200 anak di wilayah itu untuk vaksin polio pada pekan imunisasi nasional (PIN) Polio 2024.

Pj Bupati OKI Asmar Wijaya di Kayuagung, Selasa, mengatakan PIN Polio di Kabupaten OKI diperuntukan bagi anak-anak usia 0-7 tahun dengan jumlah sasaran sebanyak 104.200 orang.

Baca juga: Jakut lakukan sejumlah strategi untuk capai target imunisasi polio

“Sasaran PIN ini adalah seluruh anak-anak usia 0-7 tahun dengan jumlah sasaran sebanyak 104.200 di Kabupaten OKI, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Vaksin yang digunakan adalah novel oral polio vaccine type 2 (noPV2) yang meningkatkan imunitas anak-anak, sehingga kebal terhadap virus polio,” katanya.

Ia menjelaskan, imunisasi polio ini aman untuk diberikan kepada anak-anak dan akan dilakukan secara terus menerus selama sepekan ke depan ditambah lima hari sweeping.

“Imunisasi polio ini diberikan kepada anak-anak dengan cara ditetes bukan melalui suntikan, sehingga lebih nyaman bagi anak-anak yang diimunisasi. Kegiatan imunisasi ini akan dilakukan dalam waktu sepekan ditambah 5 hari sweeping, dengan target cakupan 100% tercapai,” jelasnya.

Baca juga: 1.859 anak dapat imunisasi polio di Cengkareng Jakbar

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI Iwan Setiawan mengatakan kegiatan PIN Polio ini menindaklanjuti surat dari Kementerian Kesehatan RI nomor : IM.02.03/Menkes/331/2024 tentang Pelaksanaan PIN, dalam rangka penanggulangan KLB polio. Kegiatan dilakukan serentak di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten OKI.

“Pelaksanaan imunisasi ini menindaklanjuti surat dari Kementerian Kesehatan RI tentang Pelaksanaan PIN, dalam rangka penanggulangan KLB polio. Kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di Kecamatan Kayuagung, namun juga secara serentak di 18 kecamatan dan 33 puskesmas yang ada di OKI,” ujarnya.

Ketua Asosiasi Dinkes Provinsi Sumatera Selatan Lesti Nurainy berharap pelaksanaan PIN Polio di Kabupaten OKI dapat terhindar dari penyakit atau virus polio.

“Diharapkan setelah dilakukannya pelaksanaan PIN Polio ini, anak-anak kita dapat terhindar dari penyakit polio dan mencegah adanya endemis baru di wilayah Provinsi Sumatera Selatan, khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir,” kata dia.

Baca juga: Pemkab Barito Utara targetkan 21.595 anak dapat imunisasi polio

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024