Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim melakukan sejumlah strategi untuk mencapai target imunisasi polio dalam Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024 di wilayah tersebut.

"Kami telah menyiapkan strategi untuk dapat mencapai target pemberian imunisasi polio pada anak-anak di wilayah Jakarta Utara," kata Wali Kota Ali Maulana Hakim di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, untuk pelaksanaan PIN Polio di Jakarta Utara (Jakut) tidak hanya dilakukan di tempat pelayanan kesehatan saja melainkan di lokasi lainnya.

Mulai dari kantor RW, Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) , taman bermain, mal dan tempat lainnya yang sering menjadi arena berkumpul anak.

Baca juga: 1.859 anak dapat imunisasi polio di Cengkareng Jakbar
Baca juga: Kepulauan Seribu targetkan 4.295 anak terima vaksin polio


Menurut dia, sasaran pemberian imunisasi polio pada anak usia 0-7 tahun di Jakarta Utara mencapai 218.303 orang anak. Pihaknya menargetkan setiap hari ada 31.186 anak yang diberikan vaksin imunisasi polio

"Kami siap mendukung pelaksanaan PIN Polio Tahun 2024, dengan memastikan capaian PIN Polio yang tinggi dan merata di seluruh wilayah Jakarta Utara," kata dia.

Kegiatan PIN Polio putaran pertama dilaksanakan di RPTRA Pulo Besar yang diikuti masyarakat setempat.

"Saya ingin anak saya sehat dan terbebas dari penyakit polio makanya tadi saya bawa anak saya yang usianya enam tahun ke RPTRA Pulo Besar untuk diberikan imunisasi tetes polio," kata warga Kelurahan Sunter Jaya, Yanti.

"Alhamdulillah, proses pelayanannya sangat cepat dan lokasinya juga terjangkau karena dekat dari rumah," katanya.

Baca juga: Pemprov Jakarta resmi canangkan PIN Polio 2024
Baca juga: Pemkot Jaktim targetkan 300 ribu anak ikuti vaksinasi polio


Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, sebanyak 1,2 juta anak-anak se-DKI Jakarta menjadi sasaran utama dalam pemberian imunisasi polio yang dilaksanakan selama dua putaran.

Untuk putaran pertama dimulai pada 23 Juli-3 Agustus 2024 sedangkan putaran kedua pada 6-17 Agustus 2024.

Kegiatan Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2024 Tingkat Provinsi DKI Jakarta berlangsung di RPTRA Pulo Besar, Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (23/7).

Ia mengaku optimis akan tercapainya target pemberian imunisasi polio pada anak. "Kami butuh sinergi dari bapak dan ibu semua untuk ikut mencegah penyakit polio karena penyakit yang disebabkan oleh virus itu tingkat kecepatan penularan sangat tinggi," kata dia.
Baca juga: Bupati minta seluruh anak di Kepulauan Seribu divaksin polio
Baca juga: HAN 2024, Praktisi anjurkan "CERDIK" untuk tumbuh kembang anak

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024