Medan (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Sumatera Utara menggalakkan sosialisasi untuk mencari volunter pada ajang multicabang olahraga yang berlangsung 8-20 September 2024.

"Saat ini, volunter yang sudah mendaftar 14.000 orang. Kami menargetkan bisa merekrut 70.000 sukarelawan," ujar Ketua Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) PB PON XXI wilayah Sumatera M Ismael P Sinaga di Medan, Selasa.

Ismael mengatakan untuk mengejar target itu, pihaknya sudah melakukan sosialisasi di antaranya kepada pemangku kepentingan, kelompok masyarakat, organisasi kepemudaan, kampus.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pihaknya juga membuka bagi masyarakat, baik warga Sumut maupun tidak yang ingin menjadi sukarelawan pada PON 2024 ini di laman www.pon2024.id.

"Kami optimistis yang mendaftar menjadi sukarelawan dalam ajang nasional sesuai target sebelum pelaksanaan PON," kata Ismael.

Orang yang yang menjabat sebagai Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara ini mengatakan, sukarelawan tersebut akan diberikan fasilitas.

"Fasilitas diberikan kepada petugas langsung berupa kartu pengenal, atribut, insentif sesuai dengan ketentuan, diberikan jaminan ketenagakerjaan dan sertifikat," kata Ismael.

Baca juga: Pj Gubernur minta semua pihak perkuat promosi PON 2024 di Sumut

Dia mengatakan volunter terdiri kategori green, blue dan Yellow dengan tugas yang berbeda-beda. Untuk green bertugas langsung dalam pelaksanaan ajang. Mereka akan tergabung dalam struktur panitia pelaksana baik sebagai staf maupun general support.

Blue volunter mereka yang tetap bekerja, beraktivitas sebagaimana keseharian. Nantinya, disematkan atribut Duta Sumatera Utara yang akan bekerja dalam keramahan budaya Sumut, menyapa dan melayani seluruh tamu yang hadir dalam rangka PON.

Kemudian Yellow volunter terlibat untuk mendapatkan pengalaman pada ajang olahraga empat tahunan tersebut yang bergabung dalam gugus-gugus yang datang dari institusi, pendidikan, kepemudaan

"Pelibatan masyarakat menjadi volunter  pada PON ini untuk memecahkan rekor MURI," kata Ismael.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni mengajak seluruh masyarakat di wilayahnya untuk berpartisipasi agar jumlah relawan di PON 2024 terbanyak se-Indonesia pada perhelatan olahraga nasional.

"Kita perlu menyukseskan PON ini bersama, yang tidak panitia bisa bergabung menjadi volunter terjun langsung menyukseskan perhelatan ini," ujarnya.

Baca juga: Kejati Sumut siap kawal dan supervisi penggunaan anggaran PON XXI
Baca juga: Pemprov Sumut menargetkan operasional UMKM di PON 2024 gratis

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024