Garut (ANTARA) - Kepolisian Resor Garut menyelidiki kasus pembuangan bayi yang diperkirakan baru lahir di tempat sampah, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat, untuk mencari tahu pelakunya dan mempertanggungjawabkan perbuatannya itu.

"Iya, masih dalam penyelidikan untuk mencari siapa yang membuangnya," kata Kepala Satuan Reskrim Polres Garut AKP Ari Rinaldo di Garut, Selasa.

Ia menuturkan, kepolisian sudah mendapatkan informasi dari laporan masyarakat adanya penemuan bayi dalam kondisi sudah meninggal dunia di tempat pembuangan sampah di Kampung Bojong Bungur, Desa Mandalasari, Kecamatan Kadungora, Senin (22/7).

Polisi selanjutnya melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memintai keterangan sejumlah saksi di lokasi kejadian, kemudian membawa mayat bayi tersebut ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Kami sudah melakukan olah TKP dan meminta keterangan dari saksi di sekitar TKP, dan mengevakuasi mayat bayi, saat ini sudah kami bawa ke RSUD," katanya.

Ia menyampaikan hasil penyelidikan sementara bahwa bayi berjenis kelamin perempuan itu ditemukan di pinggir pembuangan sampah yang pertama kali menemukan pengendara sepeda motor melihat seekor anjing menarik sesuatu dari tempat sampah.

Pengendara sepeda motor itu awalnya mengira yang digusur anjing itu sampah, ternyata setelah diperhatikan terlihat bagian kaki dari bayi tersebut, untuk selanjutnya melaporkan ke kepala desa setempat sampai akhirnya ke polisi.

Ari berharap kasus pembuangan bayi tersebut dapat secepatnya terungkap dengan bekal dari hasil olah TKP dan keterangan saksi di daerah penemuan bayi itu.

"Kasus ini masih dalam pendalaman, dan semoga bisa segera terungkap siapa pelaku pembuang bayi ini," katanya.
Baca juga: Tim SAR evakuasi wisatawan yang hilang selama tujuh hari di laut Garut
Baca juga: Polsek Kramat Jati tangkap pembuang bayi ke tempat sampah

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024