Jakarta (ANTARA) - Dinas Pendidikan DKI Jakarta menginstruksikan kepada seluruh pihak sekolah untuk waspada dan lebih berhati-hati karena dalam dua hari terakhir terjadi dua kali kebakaran di sekolah.

"Ini sebagai pembelajaran, karena dalam dua hari ada dua sekolah yang terbakar," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Budi Awaluddin di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, terbaru kebakaran yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur. Dalam musibah tersebut seluruh gedung sekolah hangus terbakar.

Sebelumnya, kata Budi, kebakaran juga terjadi di gudang SMAN 82 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Untuk itu, pihaknya meminta seluruh jajaran agar lebih berhati-hati dengan meminimalkan terjadinya kebakaran.

"Terutama terkait arus listrik agar dicek kembali dan harus lebih teliti lagi," tuturnya.

Baca juga: Meski sekolah terbakar, Disdik DKI jamin siswa tetap bisa belajar
 
Petugas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur tengah memadamkan api yang membakar bangunan SDN 01 Pondok Bambu, Jalan Gading II RT 05/RW 11, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa siang (23/7/2024). (ANTARA/HO-Sudin Gulkarmat Jakarta Timur)
Peristiwa kebakaran di SDN 01 Pondok Bambu sempat disampaikan Budi saat rapat antara Dinas Pendidikan (Disdik) DKI bersama Komisi E DPRD DKI Jakarta.

Rapat tersebut sempat terjeda lantaran Budi izin untuk menerima sambungan telepon dari Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan yang mengabarkan bahwa SDN 01 Pondok Bambu terbakar.

"Mohon izin pak, saya angkat telepon. Damkar menyatakan seluruh kelasnya kena semua, dari kantin," kata Budi.

Sebanyak 18 ruang bangunan di SDN 01 Pondok Bambu, Jalan Gading II RT 05/RW 11, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, ludes terbakar, pada Selasa siang.

Baca juga: Akibat kebakaran, proses belajar siswa SDN 01 dipindah ke sekolah lain
 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Budi Awaluddin saat memberikan keterangan pers usai meninjau lokasi kebakaran SDN 01 Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (23/7/2024). (ANTARA/Syaiful Hakim)
Kepala Seksi (Kasi) Operasional Suku Dinas (Sudin) Gulkarmat Jakarta Timur Abdul Wahid mengatakan peristiwa kebakaran terjadi pada pukul 12.04 WIB, ketika sebagian siswa dan guru selesai melaksanakan proses belajar.

"Kebakaran terjadi di saat para siswa pulang sekolah. Pada saat kelas sudah selesai proses belajar mengajarnya," kata Wahid.

Menurut dia, pihaknya sempat mengumpulkan guru dan siswa-siswa yang masih berada di sekolah untuk memastikan para siswa dan guru selamat semuanya.
Baca juga: Kebakaran melanda SMAN 82 Jakarta

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024