Moskow (ANTARA) - Komisi Eropa telah menerima surat dari Hongaria dan Slovakia tentang keputusan Ukraina memblokir jalur minyak Rusia melalui jaringan pipa Druzhba.

Hal itu diungkapkan juru bicara perdagangan dan pertanian Komisi Eropa Olof Gill pada Selasa. Pada Senin (22/7), Menteri Luar Negeri Hongaria Peter Szijjarto mengatakan bahwa pemerintahnya dan pemerintah Slovakia telah memulai konsultasi dengan Komisi Eropa bersama Ukraina terkait penghentian transit minyak dari Rusia.

Jika tidak ada hasil, proses hukum akan dimulai sehingga Uni Eropa tidak akan bisa memenuhi kewajibannya kepada Ukraina.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa kemarin (Wakil Presiden Komisi Eropa dan Komisaris Perdagangan Valdis) Dombrovskis menerima surat bersama dari Menteri Luar Negeri Hongaria dan Slovakia mengenai dampak keputusan Ukraina untuk menghentikan pasokan minyak Lukoil melalui pipa Druzhba," kata Gill.

"Kami saat ini sedang mempelajari isi surat itu dan mengumpulkan lebih banyak informasi sebelum mengambil keputusan," kata Gill dalam sebuah pengarahan.

Dia menambahkan bahwa "tidak ada dampak langsung pada keamanan pasokan minyak ke Uni Eropa."

Komisi Eropa siap mendukung negara-negara terdampak dalam mencari solusi bersama Ukraina, kata Gill.

Sumber: Sputnik-OANA

Baca juga: Biden arahkan Menkeu dan Menlu AS laksanakan UU REPO untuk Ukraina
Baca juga: Menlu Polandia minta EU izinkan Ukraina serang wilayah dalam Rusia


Penerjemah: Primayanti
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024