Jakarta (ANTARA) - Minyak jagung memiliki harga yang bervariatif tergantung dari merek, ukuran dan jenis produk maupun kemasannya. Meskipun kadang sulit didapatkan, namun minyak jagung bisa ditemukan di sejumlah supermarket atau memesan secara daring melalui lokapasar.

Selain bisa menggantikan minyak sawit untuk menggoreng, minyak jagung diklaim lebih sehat karena kandungannya yang kaya lemak tidak jenuh, terdiri dari asam linoleat dan asam linolenat.

Kedua asam itu juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Minyak jagung juga dikenal sebagai minyak yang sehat dibandingkan dengan minyak lain karena kaya akan vitamin E, vitamin K, omega 3 dan omega 6.

Jika Anda memutuskan untuk membeli di supermarket, minyak jagung umumnya memiliki warna kekuningan, dengan aroma yang khas dan rasa yang hambar.  Berikut ini cara memilih dan daftar harga minyak jagung:

Cara memilih minyak jagung

• Temukan kadar lemak rendah

Minyak jagung diklaim lebih sehat karena memiliki lemah jenuh (saturated fat) dapat menurunkan kolesterol. Apabila Anda mau mengurangi asupan lemak, maka carilah yang kadar lemaknya rendah karena tidak semua produk minyak jagung memiliki kandungan lemak yang sama.

• Pilih warna minyak yang jernih

Minyak jagung memiliki warna kekuningan. Untuk memilih minyak jagung di pasaran, carilah minyak yang tidak keruh. Kelir minyak yang keruh menunjukkan adanya kontaminasi campuran air dalam minyak tersebut.

Banyak orang beranggapan bahan minyak tidak dapat terkontaminasi dengan air. Namun, terdapat fakta bahwa air dapat terperangkap dalam minyak sehingga menyebabkan warna minyak menjadi keruh.

Daftar harga dan merek minyak jagung

Setelah mengenali minyak jagung secara keseluruhan. Berikut ini daftar harga dan merek minyak jagung yang beredar di pasaran, berdasarkan berbagai sumber:

1. Corn Oil Dyanas 2 liter: Rp.35.500.
2. KCO Kie Corn Oil 1 liter: Rp.45.000.
3. CCO Corn Oil 1 liter: Rp.49.500.
4. Mazola Corn Oil 450 mililiter – Cholesterol Free 100% Pure: Rp.56.800.
5. Monsta Corn Oil 1 liter: Rp.69.000.
6. Golen Bridge Corn Oil 1 liter: Rp.81.000.
7. Dougo Corn Oil 1 liter: Rp.89.500.
8. MamaSuka Corn Oil 1.5 liter: Rp.94.300.
9. Lily Flower Corn Oil 2 liter: Rp.165.000.
10. Tropicana Slim Minyak Jagung 946 mililiter: Rp.121.500.

Baca juga: Cara mudah membuat minyak jagung di rumah

Baca juga: Perbedaan minyak jagung dan minyak biji bunga matahari

Baca juga: 5 manfaat minyak jagung untuk kesehatan dan kecantikan
 

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024