Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa Megawati Soekarnoputri telah mengutus Ahmad Basarah untuk menjalin komunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Hari ini ada Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PKB dan Hari Lahir (Harlah) dari PKB, karena kami juga Pak Baskara (Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah) ditugaskan oleh Ibu Mega di situ, sekaligus melakukan komunikasi politik dengan PKB," kata Hasto di Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Pria asal Yogyakarta itu menjelaskan PDIP terbuka untuk menjalin kerja sama dengan PKB di DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Riau, karena itu komunikasi yang intens harus terus dilakukan.

Menurut Hasto, sosok yang akan diusung untuk Pilkada DKI Jakarta juga sudah mulai mengerucut. Megawati pun akan mengumumkan nama-nama yang akan maju di pilkada secara serentak.

"Namanya Jakarta ini kan sangat penting dan strategis, sehingga terkait dengan siapa yang akan dicalonkan, nanti akan diumumkan secara serentak oleh Ibu Megawati Soekarnoputri, termasuk gubernur di Jawa dan di luar Jawa, seperti Pilkada Sumatera Utara," jelasnya.

Selain itu, dia mengungkapkan sosok yang akan maju sebagai calon gubernur Sumatera Utara juga sudah mengerucut. Namun, masih menyisakan sosok calon wakil gubernur yang masih harus dikomunikasikan.

"Cagubnya sudah jelas, sudah cetho welo-welo," ujar Hasto.

Selanjutnya, petunjuk terkait pengumuman sosok yang akan maju di Pilkada Jawa Tengah dan Jawa Timur akan diberikan pada saat pengumuman tersebut.

"Tahap pertama nanti ibu akan memberikan clue untuk daerah-daerah yang lain," katanya.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024