Kami minta dan sangat mendorong pemerintah agar harga tiket pesawat ini bisa turun.
Mataram (ANTARA) - Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Nusa Tenggara Barat (NTB) meminta dan mendorong pemerintah pusat untuk bisa menekan tingginya harga tiket pesawat.

"Kami minta dan sangat mendorong pemerintah agar harga tiket pesawat ini bisa turun," kata Ketua BPPD NTB Sahlan M Saleh, di Mataram, Selasa.

Ia menyebutkan salah satu indikator yang membuat harga tiket pesawat ini mahal, karena harga komponen pesawat yang juga tinggi. Contohnya, harga avtur, parkir pesawat, garbarata, airport tax, dan landing fee.

"Ini komponen yang mendorong tinginya harga tiket pesawat," ujar Saleh yang juga Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) NTB ini pula.

Dia mencontohkan harga tiket pesawat Rp1 juta, dari harga tersebut Rp600 ribu dipotong untuk komponen pesawat, sehingga inilah yang kemudian menurutnya merugikan masyarakat selaku konsumen.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong pemerintah dapat mengurangi beban komponen tersebut bisa berkurang, sehingga berdampak kepada harga tiket jauh lebih murah.

Menurutnya, bila harga tiket pesawat turun, maka akan berpengaruh pada meningkatnya arus kunjungan wisatawan ke NTB. Mengingat, NTB sebagai salah satu tujuan destinasi di Indonesia, sangat bergantung pada lancarnya transportasi udara tersebut.

"Inilah yang kami dorong kepada pemerintah bagaimana bisa menurunkan harga komponen di pesawat," katanya lagi.
Baca juga: Menko Luhut siapkan efisiensi penerbangan untuk turunkan harga tiket
Baca juga: Sandiaga pastikan telah dibentuk satgas penurunan harga tiket pesawat

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024