Tidak hanya bagi orangtua, tetapi juga bagi negara, karena masa depan Indonesia ada di tangan anak-anak
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengemukakan anak merupakan anugerah Tuhan bagi negara karena memiliki peran penentu bagi keberlangsungan masa depan Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan melalui postingan Instagram @kyai_marufamin dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2024 yang dilansir di Jakarta, Selasa.

"Anak-anak adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa, tidak hanya bagi orangtua, tetapi juga bagi negara, karena masa depan Indonesia ada di tangan anak-anak," katanya.

Peringatan Hari Anak Nasional 2024 dipusatkan di Istora Papua Bangkit, Jayapura, Papua, hari ini, dan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi.

Kegiatan itu dihadiri sekitar 2.600 pelajar dari Tanah Papua yang memerankan tari kolosal daerah, parade baris berbaris, hingga marching band.

Dalam kesempatan itu, Forum Anak Nasional menyuarakan lima isu utama terkait pemenuhan hak anak di Indonesia, yakni pemenuhan hak sipil anak, pencegahan perkawinan anak usia dini, hak pendidikan, kekerasan terhadap anak, dan memastikan anak tidak menjadi perokok aktif atau pasif lewat implementasi kebijakan yang ada.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024