Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia dengan menggelar sejumlah lomba, mulai dari lomba di bidang olahraga hingga seni.
 
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar secara resmi membuka rangkaian perayaan HUT Ke-79 RI itu di Lapangan Kantor Kemendes PDTT di Jakarta, Selasa.
 
Dalam sambutannya, Gus Halim, panggilan akrab Abdul Halim Iskandar menyampaikan rasa syukur dan kebahagiaannya dapat hadir dalam pembukaan perayaan HUT Ke-79 RI itu. Ia mengajak keluarga besar Kemendes PDTT untuk menjadikan perayaan tersebut sebagai momentum membangun kebersamaan.
 
"Kita jadikan perayaan ini sebagai momentum untuk membangun kebersamaan," ujar dia.
   
Gus Halim juga menyetujui usulan beberapa pihak agar tidak ada pembagian level dalam pelaksanaan pertandingan selama rangkaian perayaan HUT Ke-79 RI itu.
 
"Semua pejabat tinggi hingga pejabat struktural menjadi bagian dari tim masing-masing Unit Kerja Eselon (UKE) I," kata Profesor Kehormatan Universitas Negeri Surabaya itu.
 
Di akhir sambutannya, Gus Halim memberikan semangat kepada seluruh peserta lomba agar mereka memberikan yang terbaik dalam berkompetisi.
 
"Seluruh atlet, artis, dan seniman, saya ucapkan selamat berimprovisasi, selamat bertanding. Lakukan yang terbaik dengan semangat dan kebersamaan Satu Nusa, Satu Bangsa. Kita membangun Satu Kementerian, Kementerian Desa PDTT," kata dia.
 
Rangkaian perayaan HUT Ke-79 RI itu dimulai dengan kegiatan jalan santai sejauh sekitar 2,5 kilometer yang dilepas oleh Gus Halim dan Wakil Mendes PDTT Paiman Raharjo. Sejumlah pihak lainnya ikut pula hadir, seperti Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid, Pejabat Tinggi Madya dan Pratama Kemendes PDTT, serta keluarga besar Kemendes PDTT lainnya.
 
Setelah jalan santai, kegiatan dilanjutkan dengan Eksebisi Tarik Tambang yang diikuti oleh Pejabat Struktural di UKE I. Selain itu, juga digelar berbagai permainan seperti kursi joget, tangkap bebek, balap sendok kelereng, sarung berantai, gantung keranjang, bola kardus, bola semangka, dan makan biskuit untuk memeriahkan acara.

Baca juga: Korps Marinir TNI AL siapkan pasukan komponen upacara HUT RI di IKN

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024