Jakarta (ANTARA) - Jika Anda ingin menghapus akun Telegram, Anda dapat melakukannya dengan mudah di halaman penonaktifan berikut (https://my.telegram.org/auth?to=deactivate).

Anda cukup masukan nomor yang terdaftar pada akun telegram Anda ke kolom yang ada pada halaman tersebut. Setelah itu akun telegram Anda akan terhapus permanen.

Menghapus akun Anda secara permanen akan menghapus semua pesan dan kontak Anda. Semua grup dan channel yang Anda buat akan terbengkalai, namun admin akan tetap berhak atas grup ataupun Channel tersebut.

Tindakan ini harus dikonfirmasi melalui akun Telegram Anda dan tidak dapat dibatalkan.

Selain cara di atas, menghapus akun Telegram juga bisa dilakukan di dalam aplikasi yang terinstal di gawai Anda. caranya cukup mudah, hanya melalui pengaturan yang ada dalam aplikasi.

Berikut langkah-langkah menghapus akun Telegram melalui aplikasinya:
  1. Buka aplikasi Telegram di perangkat Anda
  2. Masuk ke pengaturan
  3. Pilih Privasi & Keamanan
  4. Scroll ke bawah dan pilih "Delete My Account" atau "Hampus Akun Saya"
  5. Pilih durasi hapus akun (1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun)

Cara di atas untuk membantu menghapus akun Anda secara temporer

Lalu apa yang terjadi jika saya menghapus akun saya?

Seperti disebutkan di atas, semua data Anda akan dihapus dari sistem Telegram. Semua pesan, grup, dan kontak yang terkait dengan akun Anda akan dihapus. Meskipun demikian, kontak Anda masih dapat berkomunikasi di grup yang Anda buat dan mereka masih memiliki salinan pesan yang Anda kirimkan kepada mereka.

Penghentian atau penghapusan akun Telegram tidak dapat diubah. Jika nantinya Anda mendaftar lagi, maka Anda akan muncul sebagai pengguna baru dan tidak akan mendapatkan kembali riwayat, kontak, atau grup Anda.

Orang-orang yang memiliki nomor telepon Anda di kontaknya akan diberi tahu. Pengguna baru akan ditampilkan sebagai percakapan terpisah di daftar pesannya dan riwayat percakapannya dengan pengguna baru ini akan kosong.

Aplikasi pesan instan berbasis cloud ini didirikan pada tahun Agustus 2013 oleh kakak-beradik asal Russia, Nikolai dan Pavel Durov. Telegram bisa digunakan di perangkat dengan OS Windows, iOs, Android dan lain-lain. Telegram biasa digunakan untuk berbagi pesan teks, file foto, video, audio dan dokumen lain dengan resolusi atau kualitas yang sesuai dengan format awal.

Aplikasi ini semakin berkembang dan meningkatkan keamanannya dari tahun ke tahun. Pengguna telegram juga semakin banyak dan mampu menandingi aplikasi lain seperti Whatsapp dalam jumlah pengunduh dan penggunanya.

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024