Washington (ANTARA) - Pejabat Amerika Serikat (AS) dan Irak menggelar pertemuan untuk mendiskusikan kerja sama keamanan, menurut Pentagon pada Senin.

"Pentagon menyelenggarakan Dialog Kerja Sama Keamanan Gabungan (JSCD) AS-Irak 2024. Dialog tersebut akan berlangsung hari ini dan besok," kata juru bicara Mayjen Angkatan Udara Pat Ryder kepada wartawan.

Para pejabat akan mendiskusikan kapan dan bagaimana misi koalisi global melawan Daesh/ISIS di Irak akan berakhir dan beralih secara tertib menuju hubungan keamanan bilateral yang langgeng, tambahnya.

JSCD dibentuk berdasarkan upaya yang dilakukan Komisi Militer Tinggi (HMC), yang berkembang dari pertemuan pada April antara Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani di Washington, kata Ryder.

"Penyelenggaraan dialog ini pada pekan ini mencerminkan komitmen kedua negara untuk memperkuat hubungan keamanan bilateral berdasarkan pada kerja HMC selama beberapa bulan terakhir, dan sebagai pengakuan terhadap peringatan 10 tahun misi militer koalisi global di Irak," katanya.

Hasil dialog tersebut akan dirilis setelah pertemuan, tambahnya.

Sumber: Anadolu
Baca juga: Pangkalan AS di Irak diserang dua 'drone' jebakan
Baca juga: AS serahkan pangkalan militer utama kepada Irak
Baca juga: Amerika Serikat-Irak perkuat kerja sama energi

Penerjemah: Katriana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024