Djakarta, 25/7/1955 (ANTARA) - Hearing akan dimulai hari Rebo dengan semua partai2 jang mempunjai wakil dalam Parlemen.

Pada hari Minggu malam kemarin, Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo telah menjerahkan kabinetnja kepada Wakil Presiden Drs. Moh.Hatta ditempat kediaman Wakil Presiden didjalan Merdeka Selatan.

Mr. Ali Sastroamidjojo datang ditempat kediaman Wakil Presiden pada pukul 21.00 dan meninggalkan tempat tersebut setengah djam kemudian (21.30), serta tidak bersedia memberikan sesuatu keterangan kepada pers.

Wakil Presiden dalam keterangan singkat kepada para wartawan menjatakan, bahwa hearing dengan wakil2 partai jang mempunjai perwakilan dalam Parlemen akan dimulai lusa, hari Selasa tg. 26 Djuli jang akan datang dan, menurut Wakil Presiden, hearing itu akan diselesaikan dalam waktu tiga hari.

Atas pertanjaan pers Hatta selandjutnja menerangkan, bahwa hearing akan dilakukan dengan semua partai2 jang mempunjai perwakilan dalam Parlemen, menurut urut2an banjaknja suara dari partai2 tersebut didalam Parlemen. Dengan partai2 jang tidak mempunjai wakil dalam Parlemen tidak akan diadakan hearing.

Pada achir keterangannja Wakil Presiden menjatakan harapannja mudah2an pembentukan kabinet baru dapat dilakukan setjepat-tjepatnja.

Wakil K.S.A.D. kundjungi Wakil Presiden

Lebih djauh "Antara" mendapat kabar, bahwa sebelum kundjungan Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo guna menjerahkan kembali mandatnja kepada Wakil Presiden Moh.Hatta, terlebih dahulu pada hari Minggu petang lebih kurang djam 18.45, Wakil Presiden menerima kedatangan Wakil K.S.A.D. Kolonel Z. Lubis disertai oleh Kolonel Dr. Azis Saleh dan Overste Mokoginta.

Pembitjaraan antara Wakil K.S.A.D. cs tersebut dengan Wakil Presiden berlangsung selama lebih kurang 45 menit. Apa jang dibitjarakan tidak diperoleh keterangan, tapi diduga besar kemungkinannja berkisar pada persoalan mengenai Angkatan Darat dewasa ini.

Sumber: Pusat Data dan Layanan Informasi ANTARA

Baca juga: Asia muntjul dari Konperensi A-A sebagai kekuatan politik jang besar
Baca juga: Antara doeloe : makanan KAA dibakar

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024