"Penyelamatan dan pemberian bantuan yang efektif harus dilakukan secara tepat waktu demi meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh bencana banjir..."
Beijing (ANTARA) - Pihak berwenang China bertekad untuk memperkuat perlindungan warisan budaya dari berbagai bencana yang disebabkan oleh banjir serta meningkatkan mitigasi bencana dan pemberian bantuan.

Menurut sebuah surat edaran resmi, upaya pencegahan bencana dan perlindungan peninggalan budaya tidak bergerak serta kota, blok, dan desa budaya bersejarah yang diidentifikasi sebagai warisan budaya akan diperkuat, ungkap Administrasi Warisan Budaya Nasional China pada Senin (22/7).

Surat edaran itu memerintahkan upaya-upaya untuk menginspeksi potensi risiko keamanan yang mengancam berbagai peninggalan budaya, termasuk bangunan, reruntuhan, makam, dan gua, serta taman dan desa.

Penyelamatan dan pemberian bantuan yang efektif harus dilakukan secara tepat waktu demi meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh bencana banjir, urai surat edaran tersebut, sembari menyerukan upaya renovasi fasilitas untuk meningkatkan kapasitas warisan budaya untuk tahan bencana.

Hujan lebat telah melanda banyak lokasi di China sejak dimulainya musim banjir tahun ini, yang memicu banjir dan menyebabkan jatuhnya korban jiwa serta kerugian harta benda yang parah.

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024