Washington (ANTARA) - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris mendapatkan dukungan delegasi yang cukup pada pada Senin untuk memenangi nominasi presiden dari Partai Demokrat.

“Malam ini, saya bangga telah mendapatkan dukungan yang dibutuhkan untuk menjadi calon dari partai kami dan sebagai putri California, saya bangga bahwa delegasi negara bagian asal saya membantu menjadikan kampanye kami unggul,” kata Kamala Harris di media sosial X, Senin (22/7).

Harris mengatakan dia akan bepergian ke seluruh negeri selama beberapa bulan ke depan untuk berbicara dengan orang Amerika tentang segala hal yang berhubungan dengan pencalonannya sebagai presiden.

“Saya sepenuhnya berniat menyatukan partai dan bangsa kita serta mengalahkan Donald Trump,” tambahnya.

Setelah keputusan Presiden Joe Biden pada Minggu untuk tidak mencalonkan diri kembali pada pada  5 November dan tawarannya untuk “mendukung dan mendukung penuh” Harris untuk menjadi calon dari Partai Demokrat, wakil presiden itu secara resmi meluncurkan kampanye kepresidenannya.

Menurut laporan, lebih dari 2.200 delegasi dari lebih dari 30 negara bagian telah mendukung Harris sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

Keputusan Biden untuk mendukung Harris tidak mengikat karena para delegasi bebas memilih kandidat pilihan mereka.

Adapun Konvensi Nasional Partai Demokrat akan diadakan di Chicago pada 19-22 Agustus.

Sumber : Anadolu
Baca juga: Kamala Harris berjanji memenangkan pemilihan presiden AS 2024
Baca juga: Donor utama partai Demokrat AS tolak danai Harris untuk kampanye
Baca juga: Kamala Harris nyatakan siap maju dalam pemilu presiden AS


Penerjemah: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024