Proses dan tahapan seleksi ini tidak dikenai biaya atau pungutan dalam bentuk apa pun, jangan sampai peserta ada yang tertipu.
Jakarta (ANTARA) -
Panitia Seleksi Komisi Kepolisian Nasional (Pansel Kompolnas) mengumumkan 107 orang yang lolos tahap verifikasi administrasi calon anggota Kompolnas dari sebanyak 137 orang yang sebelumnya mendaftar.
 
Ketua Pansel Kompolnas Prof. Hermawan Sulistyo mengatakan bahwa setiap anggota pansel yang terdiri atas sembilan orang itu mengecek satu per satu berkas persyaratan administrasi orang-orang yang mendaftar.
 
"Ada syarat-syarat normatif, ada syarat-syarat legal yang ada pada peraturan presiden, dan syarat-syarat yang lebih teknis penjabaran dari yang ditetapkan oleh Pansel," kata Hermawan di Kantor Kompolnas, Jakarta, Selasa.
 
Hermawan menyebutkan mereka yang lolos menjadi calon itu terdiri atas 87 laki-laki dan 20 perempuan. Seratusan orang itu memiliki latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari akademisi, advokat, notaris, wartawan, purnawirawan Polri, purnawirawan TNI, pensiunan jaksa, PNS, hingga wiraswasta.
 
Ia mengatakan bahwa peserta yang lolos itu sudah mencapai target awal dari pansel, yakni terkait dengan persebaran administrasi kependudukan, jenjang pendidikan, perwakilan gender, dan latar belakang lainnya.
 
Sejauh ini, menurut dia, seleksi calon komisioner tersebut baru sampai tahap verifikasi administrasi. Selanjutnya bakal ada tes tertulis dan tes wawancara lisan guna menguji kapasitas profesional dari para calon.
 
Dikatakan bahwa seleksi tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2024 di Hotel Grandkemang, Jakarta, yang dimulai pada pukul 09.00 WIB. Peserta akan menjelaskan tugas dan wewenang Kompolnas dalam esai tertulis.
 
Ditegaskan pula bahwa peserta yang tidak hadir akan dianggap gugur, dan setiap peserta yang hadir tidak diperkenankan bawa tas maupun alat elektronik lainnya.

Hermawan mengatakan bahwa panitia akan menyediakan laptop untuk tahapan tes tersebut.
 
"Proses dan tahapan seleksi ini tidak dikenai biaya atau pungutan dalam bentuk apa pun, jangan sampai peserta ada yang tertipu," katanya.

Baca juga: Pansel terima 137 nama calon anggota Kompolnas
Baca juga: Menko Hadi pastikan seleksi Kompolnas 2024–2028 libatkan masyarakat

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024