Seluruh kemampuan masyarakat dikeluarkan, ada gunungan hasil pertanian, dan setelah itu gunungannya direbut bersama-sama dalam bentuk rasa syukur,
Cilacap (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Cilacap Awaluddin Muuri mengharapkan Festival Merayu Serayu yang digelar warga Desa Karangrena, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dapat mendunia, sehingga tidak hanya dikunjungi wisatawan lokal, tapi juga mancanegara.

"Hari ini, kita di Desa Karangrena, Kecamatan Maos, mengadakan acara yang luar biasa, Festival Merayu Serayu. Jadi ini kelebihan Karangrena yang ada di pinggir Sungai Serayu," kata Pj Bupati seusai membuka Festival Merayu Serayu 2024 di Kampung Kreatif Karisma Pertamina (K3P), Desa Karangrena, Kecamatan Maos, Cilacap, Selasa.

Menurut dia, festival tersebut diselenggarakan oleh tim kreatif dari Desa Karangrena bekerja sama dengan PT Pertamina Patraniaga Fuel Terminal Maos, Pemerintah Desa Karangrena, dan Pemerintah Kecamatan Maos.

Baca juga: Kaltim Festival Internasional dihadiri enam negara

Ia mengatakan ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan dalam Festival Merayu Serayu 2024 di antaranya Kirab Gunungan Hasil Bumi

"Seluruh kemampuan masyarakat dikeluarkan, ada gunungan hasil pertanian, dan setelah itu gunungannya direbut bersama-sama dalam bentuk rasa syukur," katanya.

Selain itu, kata dia, festival tersebut juga diisi dengan lomba tanaman bonsai serta tanaman hias yang ada di wilayah Maos dan sekitarnya.

Sementara itu pada malam harinya, lanjut dia, diadakan pergelaran ketoprak dan beberapa hiburan lainnya.

"Mudah-mudahan kegiatan Festival Merayu Serayu ini makin baik, makin menjadi agenda Kabupaten Cilacap serta bisa diperhitungkan di tingkat provinsi dan nasional sebagai salah satu spot wisata yang ada di Kabupaten Cilacap. Harapannya dari tingkat desa menjadi mendunia," katanya.

Dia mengatakan Pemerintah Kabupaten Cilacap sangat mendukung penyelenggaraan Festival Merayu Serayu dengan melibatkan berbagai organisasi perangkat daerah seperti Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, serta ditambah dengan dukungan dari PT Pertamina Patraniaga melalui kegiatan pertanggungjawaban sosial perusahaannya.

Pj Bupati mengharapkan kolaborasi tersebut makin kompak, sehingga penyelenggaraan Festival Merayu Serayu semakin baik.

Baca juga: Festival Cisadane ajang pelaku usaha promosikan produk unggulan

Sementara itu, Senior Supervisor PT Pertamina Patraniaga Fuel Terminal Maos M Ippan Iswahyudi mengatakan festival tersebut sebagai salah satu wujud sinergi Pertamina dengan masyarakat sekitar khususnya area Fuel Terminal Maos untuk memajukan daerahnya dengan membangun Kampung Kreatif Karisma Pertamina.

"Kampung Kreatif Karisma Pertamina ini didirikan pada tahun 2020 dan hingga saat ini berjalan cukup bagus," katanya.

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024