Langkah yang kami ambil yaitu dengan melakukan pendataan dan pencatatan kendaraan secara lebih baik ....
Ambon (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku melakukan sosialisasi kepada masyarakat pengguna BBM subsidi jenis Pertalite, untuk mendaftarkan kendaraan mereka guna mendapatkan QR Code untuk melakukan transaksi pembelian.

Area Manajer Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Edi Mangun mengatakan, pihaknya terus berkomitmen memastikan program BBM subsidi terlaksana secara tepat sasaran.

“Pertamina sebagai badan usaha yang menerima penugasan dari Pemerintah dalam menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) khususnya BBM bersubsidi atau Jenis BBM Tertentu (JBT) selalu berusaha mengedukasi masyarakat agar penyaluran BBM bersubsidi dapat tepat sasaran dan sesuai peruntukan," katanya, Selasa.

Baca juga: BPH Migas: Regulasi subpenyalur agar distribusi BBM tepat sasaran

Ia menyatakan, untuk memastikan BBM subsidi dinikmati oleh kelompok masyarakat yang berhak, Pertamina melakukan pendataan sekaligus pencatatan pengguna serta volume, sehingga BBM bersubsidi dapat terjaga dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Langkah yang kami ambil yaitu dengan melakukan pendataan dan pencatatan kendaraan secara lebih baik dan transparan untuk transaksi BBM penugasan jenis Pertalite," katanya.

Ia mengatakan, Pertamina terus melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait pelaksanaan program subsidi tepat, mulai dari pendataan dokumen kendaraan yang didaftarkan hingga proses transaksi pembelian BBM jenis Pertalite di SPBU.

Pihaknya juga mengapresiasi masyarakat yang telah mendukung program subsidi tepat, dan masyarakat yang belum terdaftar tidak perlu khawatir, karena prosesnya sangat mudah, masyarakat hanya perlu mendaftarkan kendaraan melalui website www.subsiditepat.mypertamina.id, dan aplikasi MyPertamina untuk mendapatkan QR Code.

"Kami juga akan terus mengevaluasi pelaksanaannya dan terus memastikan pelayanan berjalan dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Pakar ekonomi: Pertamina mampu menjaga kuota BBM subsidi tepat sasaran

Edi berharap, program subsidi tepat dapat berjalan dengan baik dan mendapat dukungan dari seluruh masyarakat, sehingga penyaluran BBM dapat tepat sasaran sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku telah melaksanakan serangkaian upaya dalam mendorong penggunaan BBM bersubsidi yang tepat sasaran, termasuk mengajak masyarakat beralih menggunakan produk non subsidi yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan.

“Masyarakat juga dapat menggunakan produk BBM non subsidi yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan dengan kandungan Oktan yang tinggi, karena pembakaran bagus untuk ketahanan mesin kendaraan," katanya.

Masyarakat yang membutuhkan informasi lebih tentang produk Pertamina maupun program subsidi tepat, dapat mengunjungi website resmi Pertamina, media sosial @Pertamina atau dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024