Abis Maghrib datanya harus masuk ke saya
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menggencarkan vaksinasi polio hingga sepekan ke depan untuk mencegah kejadian luar biasa (KLB) dan meluasnya transmisi virus penyakit itu di daerah itu. 
 
"Saya mohon gerakan vaksin polio ini benar-benar dilaksanakan di Jakarta Selatan, walaupun DKI ini tidak termasuk provinsi yang KLB," kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tunas Muda Jakarta Selatan, Selasa.
 
Munjirin mengatakan DKI memang tidak masuk dalam wilayah risiko KLB.

Namun dia menegaskan pihaknya beserta jajaran perlu tetap waspada agar terhindar dari penyakit polio atau kelumpuhan.

"Wilayah kita tak masuk risiko tinggi, tapi kita harus waspada, jangan sampai masyarakat kita terkena penyakit polio," ujarnya.

Baca juga: Jakarta Pusat sasar 65 ribu anak pada PIN Polio
 
Maka dari itu, pihaknya menargetkan sebanyak 238.516 balita berusia 0-7 tahun untuk menerima vaksin polio pada pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio ini.
 
Salah satu strateginya yakni mengajak para camat dan lurah untuk turut serta menggencarkan sosialisasi vaksinasi polio kepada ibu dan anak di wilayah masing-masing. 
 
"Abis Maghrib datanya harus masuk ke saya per kecamatan dan kelurahan sudah berapa yang divaksin polio," ujarnya.
 
Sementara, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Yudi Dimyati menyatakan capaian vaksinasi polio di Jakarta Selatan telah mencapai 100 persen pada 2023.
 
"Pada akhir pandemi 2023, capaian polio di Jakarta Selatan telah mencapai 100 persen," ujar Yudi.

Baca juga: Dinkes ingatkan anak bisa kena polio bila tak dapat imunisasi lengkap
 
Dia turut mengingatkan kepada para tenaga kesehatan untuk lebih memperhatikan tanggal pemberian imunisasi sesuai prosedur.
 
"Kepada tenaga kesehatan, diharapkan untuk memastikan tanggal pemberian imunisasi tercatat sesuai prosedur agar interval pemberian yang tepat, sehingga dapat mengoptimalkan pembentukan antibodi," jelasnya.
 
Kementerian Kesehatan RI menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap kedua yang mulai dilaksanakan pada 23 Juli 2024.
 
PIN tahap pertama sebelumnya telah dilaksanakan pada 27 Mei lalu dengan target di enam provinsi, yaitu Papua, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Barat dan Papua Barat Daya.
 
Sedangkan, PIN Polio tahap dua dilaksanakan di 27 provinsi termasuk Jakarta menjadi salah satunya.

Baca juga: 238.516 anak jadi sasaran PIN Polio di Jakarta Selatan
 
Pencanangan vaksinasi PIN Polio putaran pertama di Jakarta dilaksanakan sepekan pada 23-29 Juli 2024 dan putaran kedua dilakukan kembali 6-12 Agustus 2024.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024