Ini juga mendorong startup dari UI mendapatkan pendanaan series A dan B dari para investor sesuai dengan tujuan dari program PRIME STeP Kemendikbudristek-ADB
Depok (ANTARA) - Dua startup binaan Universitas Indonesia (UI) Anjungan Teleheath Mandiri (ATM) Sehat dan Integrated Farming lolos program akselerasi Startup School National University of Singapore (NUS) Graduate Research Innovation Programme (GRIP) di Singapura.

Kedua startup binaan Direktorat Inovasi Science Techno Park (DISTP) UI tersebut, juga dinyatakan lolos pada Seleksi UI Incubate 2024 Skema Scale Up.

Direktur Inovasi Science Techno Park UI Ahmad Gamal di Depok, Selasa, menyampaikan dengan mengirimkan start-up binaan UI untuk mengikuti program global akselerator ini, diharapkan akan memberikan pola pikir bisnis global dan mendapatkan akses jejaring internasional.

“Ini juga mendorong startup dari UI mendapatkan pendanaan series A dan B dari para investor sesuai dengan tujuan dari program PRIME STeP Kemendikbudristek-ADB,” ujar Ahmad Gamal.

NUS GRIP adalah Sekolah Akselerasi yang membantu startup dalam mengembangkan inovasinya agar dapat berkolaborasi dengan ekosistem venture capital dan mentor internasional.

ATM Sehat merupakan inovasi untuk melakukan deteksi dini dan mencegah komplikasi masalah kesehatan, sedangkan Integrated Farming adalah startup yang memiliki fokus pada circular economy peternakan ayam dengan memanfaatkan limbah rumah tangga.

Kedua program Startup School ini memberikan dukungan menyeluruh mulai dari tahap ide hingga peluncuran, guna memastikan bahwa inovasi startup dapat berkembang dan bersaing di pasar global.


Baca juga: UI tawarkan Startup LATIH pengalaman belajar edukatif dan kreatif
Baca juga: UI buka pendanaan produk inovasi dan startup 2024


Program tersebut bertujuan membantu startup dalam mengembangkan inovasi, sehingga dapat bekerja sama dengan industri dan venture capital secara global yang telah dimulai pada 10 Juli 2024 dan berlangsung selama lima bulan ke depan.

Sementara itu Co-Founder ATM Sehat, Sigit Mohammad Nuzul mengungkapkan kegembiraan atas kesempatan yang diperoleh sebagai wakil startup binaan DISTP UI dalam mengikuti NUS GRIP.

“Saya berharap melalui program ini, dapat bertemu dengan mentor internasional dan venture capital di Singapura yang dapat memberikan bimbingan tentang cara mendirikan dan mengembangkan startup yang kompetitif di pasar global,” ujar Sigit.

CEO Integrated Farming, Adam Doni, menyampaikan bahwa keberhasilan mengikuti program akselerasi NUS GRIP di Singapura ini membuka jalan untuk dapat bertemu dengan mitra global dan mengimplementasikan teknologi terbaru dalam bidang agritech.

"Ini menjadi kesempatan bagi kami untuk dapat mengembangkan bisnis Integrated Farming secara signifikan, meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta memperluas jangkauan pasar di tingkat internasional," ujar Adam.

Pada program tersebut mereka akan mendapat bimbingan intensif dari para ahli, akses ke pendanaan, serta dukungan lain yang diperlukan untuk memastikan perkembangan dan keberlanjutan usaha rintisan.

Mereka juga akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan guna mendirikan dan mengelola perusahaan rintisan.

Selain itu, mereka mendapat kesempatan untuk membangun jejaring dengan industri serta menghadapi dan menyelesaikan permasalahan di dunia nyata.

Baca juga: UI–PT Cyber Edu Inkor mengembangkan startup dan inovasi
Baca juga: Riset UI : Startup perikanan berkontribusi Rp3,4 triliun ke PDB

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024