Banyuwangi (ANTARA) - Dua puluh tim balap sepeda dari dalam dan luar negeri kembali beradu cepat dalam etape dua International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2024 di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa.

Pada etape dua Tour de Ijen ini, para pembalap akan menempuh jarak sejauh 153 kilometer, start dari Pantai Pancur, Taman Nasional Alas Purwo, Kecamatan Tegaldlimo, dan finis di Kantor Bupati Banyuwangi.

"Etape dua pada hari ini masih pembalap spesialis sprinter yang akan mendominasi karena rutenya relatif datar, dengan tiga sprint dan satu satu tanjakan (king of mountain/KOM)," kata Ketua Panitia International Tour de Banyuwangi Ijen 2024 Guntur Priambodo di Banyuwangi pada Selasa..

Guntur menjelaskan pada etape kedua ada tiga intermediet sprint, yakni di kilometer 45,7 di Blimbingsari, kiometer 91,8 di Sumber Wadung dan kilometer 118,9 di Srono.

Baca juga: Ryan Cavanagh menangi balap sepeda ITdBI 2024 etape pertama

"Dan ada juga satu tanjakan (KOM) di wilayah Kecamatan Songgon, dengan elevasi 418 meter di atas permukaan lat (mdpl)," katanya.

Pada etape kedua hanya ada satu tanjakan di kawasan lereng Gunung Raung, tepatnya di Kecamatan Songgon. Para pembalap akan melintasi kawasan hutan Taman Nasional Alas Purwo.

Kemudian menuju Bandara Banyuwangi melalui Kecamatan Muncar, dan selanjutnya menanjak ke Songgon, setelah tanjakan pembalap kembali menyusuri rute datar sampai dengan garis finis di Kantor Bupati Banyuwangi.

Pada Senin (22/7) pembalap Ryan Cavanagh dari Kinan Racing Team Jepang berhasil memenangi etape pertama ajang balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2024.

Baca juga: Menpora: ITdBI 2024 upaya Banyuwangi majukan olahraga balap sepeda

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024