proses pemulangan belajar lancar tidak ada satu kloter pun terlambat sampai di Jambi
Jambi (ANTARA) - Sebanyak 422 peserta haji dan petugas dari kloter terakhir yaitu BTH 28 Provinsi Jambi sudah tiba ke daerah masing-masing.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi Zostafia di Jambi, Selasa, mengatakan kloter BTH 28 merupakan kloter terakhir Provinsi Jambi dan para haji telah diantarkan ke daerah masing-masing.

"Di kloter 28 ada satu haji yang dirawat dan diobservasi di Batam. Mudah-mudahan hari ini dipulangkan. Kami sudah menempatkan petugas di sana dan kita memfasilitasi keberangkatan keluarga ke Batam," kata Zostafia.

Kloter BTH 28 ini tiba di Provinsi Jambi pada Senin malam. Kedatangan haji disambut oleh Pemerintah Provinsi Jambi. Kloter BTH 28 berasal dari Merangin, Bungo dan Tebo.

Kemenag Jambi mengucapkan selamat pada haji yang telah tiba ke daerah masing-masing dan memastikan seluruh proses pemulangan haji berjalan lancar.

"Seluruh jamaah sudah pulang, selama proses pemulangan belajar lancar tidak ada satu kloter pun terlambat sampai di Jambi," katanya.

Baca juga: Kemenag: 13 peserta haji Jambi meninggal di Tanah Suci
Baca juga: Seorang haji Batanghari Jambi wafat di Makkah


Kemenag juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi, serta kabupaten dan kota, instansi terkait yang ikut menyukseskan proses keberangkatan dan kepulangan haji.

Dia menyebutkan total 3.118 haji dan petugas kloter yang diberangkatkan pada ibadah haji 2024. Dari total tersebut terdapat 15 orang jamaah haji meninggal dunia.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Jancik Mohza dalam keterangan tertulisnya mengatakan apresiasi dan terima kasih kepada petugas dan seluruh panitia penyelenggara ibadah haji.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Petugas Haji Daerah (PHD) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) serta petugas lainnya atas dedikasi memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh jemaah haji," kata dia.

Dia mengatakan bahwa haji bukan hanya rukun Islam yang ditunaikan menjadi pelaksanaan kewajiban semata, tapi harus mampu membawa perubahan dalam perilaku dan sikap dalam kehidupan sehari-hari.

Dia berpesan para haji Jambi dapat meningkatkan kualitas kepribadian sebagai seorang Muslim, mampu memanifestasikan kemabruran ibadah haji dalam tingkah dan perkataan di kehidupan sehari-hari, menjadi teladan bagi sekitar dan memberikan pengaruh positif di tengah kehidupan bermasyarakat.

Proses pemulangan haji Jambi berlangsung sejak 15 Juli 2024 dimulai dari kloter BTH 22 dan berakhir pada Senin malam (22/7) dari kloter BTH 28.

Baca juga: Balai Kekarantinaan siagakan lima ambulans di Asrama Haji Jambi
Baca juga: Gubernur Jambi ingatkan calon haji fokus ibadah di Tanah Suci
Baca juga: PPIH Medan: Empat haji asal Sumatera Utara masih dirawat di tanah suci


 

Pewarta: Tuyani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024