Anak-anak memiliki hak untuk tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang aman dan terlindungi dari segala bentuk kekerasan fisik, psikologis, atau seksual, serta dari eksploitasi
Surabaya (ANTARA) - Eks Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak semua pihak untuk bersama-sama membahagiakan, melindungi dan memenuhi hak anak Indonesia, untuk hidup, tumbuh, dan berkembang dengan baik bertepatan dengan Hari Anak Nasional ke-40 tahun 2024.

Khofifah mengatakan perlindungan dan pemenuhan hak anak adalah fondasi utama dalam membangun Indonesia menuju kemajuan yang berkelanjutan

"Melindungi anak dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi adalah kunci untuk menciptakan generasi masa depan yang berkualitas, yang pada akhirnya akan berkontribusi positif terhadap kemajuan bangsa," kata Khofifah di Surabaya, Selasa.

Khofifah menekankan pentingnya kolaborasi semua pihak untuk menciptakan lingkungan yang aman, inklusif, dan mendukung bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal sehingga mereka bahagia dan terpenuhi hak haknya.

"Hal ini karena melindungi hak anak bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau lembaga khusus, tetapi merupakan tanggung jawab bersama seluruh pihak termasuk masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman, adil, dan mendukung bagi setiap anak," katanya.

Untuk itu, Khofifah mengajak semua pihak untuk bersama-sama melindungi anak Indonesia dari kekerasan dan kejahatan anak. Melalui komitmen bersama ini, diharapkan setiap anak memiliki kesempatan untuk hidup dengan martabat dan potensi penuh untuk tumbuh dan berkembang.

Baca juga: Puan: HAN momentum pentingnya lingkungan anak bebas dari kekerasan
Baca juga: Presiden Jokowi minta anak Papua berkarakter disiapkan sejak dini


"Anak-anak memiliki hak untuk tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang aman dan terlindungi dari segala bentuk kekerasan fisik, psikologis, atau seksual, serta dari eksploitasi dan penyalahgunaan lainnya," kata Khofifah.

Dia juga meminta menjadikan rumah dan lingkungan kita ramah anak agar mereka nyaman dan aman dalam tumbuh kembangnya. Sebab setiap anak memiliki keunikan dan potensinya masing-masing yang luar biasa, sehingga mereka harus tumbuh dengan cinta dan perhatian.

Lebih lanjut Khofifah mengatakan anak-anak yang dilindungi hak-haknya memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal dalam semua aspek kehidupan. Baik fisik, mental, emosional, dan sosial.

Tidak hanya itu, menjamin perlindungan hak anak juga membantu mencegah berbagai bentuk penyalahgunaan, eksploitasi, dan kekerasan yang dapat merusak masa depan mereka.

"Kita juga harus memastikan bahwa setiap anak memiliki akses yang sama terhadap pendidikan, layanan kesehatan, dan kesempatan lainnya tanpa diskriminasi. Anak-anak adalah generasi penerus yang akan membentuk masa depan negara. Melindungi hak mereka adalah investasi jangka panjang dalam pembangunan bangsa ini," katanya.

"Selamat Hari Anak Nasional kepada seluruh anak-anakku semua. Gapailah cita-cita setinggi langit, kepada semua orang tua dan semua elemen masyarakat mari bersama membahagiakan dan melindungi hak anak" tambahnya.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024