Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (22/7) menjadi sorotan, mulai dari NasDem resmi usung Anies Baswedan untuk Pilkada DKI Jakarta 2024 hingga KSAD tak lindungi jika ada oknum TNI terlibat kasus jurnalis di Sumut.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. NasDem resmi usung Anies Baswedan untuk Pilkada DKI Jakarta 2024

Partai NasDem resmi memberikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim di NasDem Tower, Jakarta, Senin.

"Tapi ternyata sore ini, kami telah membulatkan tekad menyepakati untuk Pilkada DKI, Pak Surya Paloh yang pimpin rapat tadi langsung menetapkan Bapak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari Partai NasDem," ujar Hermawi.

Baca selengkapnya di sini

2. PKB senang NasDem dukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengaku senang terhadap keputusan Partai NasDem untuk mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk berkontestasi di Pilkada Jakarta 2024.

"PKB senang sekali karena bertambahlah partai yang mendukung Anies. PKB kan partai pertama yang sudah mengusung Anies, kan tinggal mengumumkan saja kan," kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini

3. PSI-NasDem siap kolaborasi di Pilkada Indonesia Timur

Ketua Umum Partai Solidaritas (PSI) Kaesang Pangarep menyampaikan bahwa partai-nya siap melakukan kolaborasi bersama NasDem untuk pilkada pada wilayah Indonesia Timur.

"Tadi juga kami saling berkolaborasi di beberapa daerah, khususnya di Indonesia timur dan ada juga yang di beberapa di Pulau Jawa," ujar Kaesang dalam konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini

4. Gerindra umumkan sejumlah bakal cagub untuk Pilkada Aceh hingga NTT

Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra mengumumkan sejumlah nama bakal calon gubernur yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 dari mulai Provinsi Aceh hingga Nusa Tenggara Timur.

"Ini beberapa nama dan provinsi yang sudah diputuskan oleh Pak Prabowo sebagai Ketua Umum, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra pada pilkada yang akan datang," kata Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini

5. KSAD tak lindungi jika ada oknum TNI terlibat kasus jurnalis di Sumut

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menegaskan bahwa tidak akan memberikan perlindungan jika ada oknum anggota TNI AD terlibat kasus pembakaran rumah jurnalis Tribrata TV, Rico Sampurna Pasaribu, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang mengakibatkan empat korban meninggal dunia.

Maruli mengatakan institusinya justru hanya akan mengalami kerugian jika melindungi oknum anggota yang terlibat kasus tersebut karena kasus pembakaran itu merupakan aksi kejahatan.

"Ngapain ngelindungin pelaku-pelaku kaya gitu, justru kalau ada yang berbuat salah ya kita kasih saja, ngapain pusing," kata Maruli usai memimpin upacara penerimaan perwira karir di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024