Bantuan ini untuk musim tanam ke tiga atau di musim kemarau,
Lombok Tengah (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI) memberikan bantuan bibit jagung kepada petani di Lombok Tengah untuk menjaga ketahanan pangan pada 2024.

"Total alokasi bantuan bibit jagung dari Kementerian Pertanian itu untuk Lombok Tengah sebanyak 35.460 kilogram atau 35 ton," kata Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah Zaenal Arifin di Lombok Tengah, Selasa.

Ia mengatakan bantuan bibit jagung tersebut dialokasikan untuk para petani di Kecamatan Praya dengan total bantuan 10.290 kilogram, petani di Kecamatan Jonggat 15.000 kilogram dan petani di Kecamatan Praya Barat sebanyak 10.170 kilogram.

"Bantuan ini untuk musim tanam ke tiga atau di musim kemarau," katanya.

Baca juga: Bapanas perkuat peran lintas sektor pada produksi jagung pakan lokal

Selain bantuan bibit jagung dari Kementerian Pertanian, Lombok Tengah juga mendapatkan bantuan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan NTB sebanyak 15.000 kilogram.

Bantuan tersebut dialokasikan untuk petani di Kecamatan Kopang sebanyak 14.250 kilogram dan Kecamatan Praya Tengah sebanyak 750 kilogram.

"Jadi total bantuan bibit jagung untuk Lombok Tengah 2024 ini sebanyak 50.360 kilogram atau 50 ton lebih," katanya.

Ia mengatakan  penyaluran bantuan bibit jagung tersebut mulai dilakukan, karena musim tanam palawija pada musim tanam ketiga ini telah dimulai.

Baca juga: Poktan di Jakbar kembali sukses panen jagung dan cabai

Sementara itu, bantuan bibit kedelai pada tahun anggaran 2024 ini tidak ada, hanya petani diberikan bantuan bibit jagung.

"Penyaluran sudah dilakukan, bantuan bibit jagung itu diberikan sebanyak 15 kilogram per hektare," katanya.
​​​​​

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024