Kami fokus meningkatkan produksi pangan, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal, tetapi juga untuk mendukung ketahanan pangan nasional dan IKN,
Tanjung Selor (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara berusaha meningkatkan produksi pangan setelah ditunjuk Pemerintah Pusat sebagai penyedia komoditas pangan seperti beras, jagung, dan kedelai untuk Ibu Kota Nusantara.

"Kami fokus meningkatkan produksi pangan, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal, tetapi juga untuk mendukung ketahanan pangan nasional dan IKN," kata Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara, Diana Risawaty di Tanjung Selor, Selasa.

Upaya meningkatkan produksi pangan itu dilakukan melalui berbagai langkah strategis, seperti menongkatkan luas tanam. DPKP Kaltara bekerja sama dengan Dinas Pertanian kabupaten/kota memperluas area tanam padi dan jagung.

Baca juga: Kadin: IKN bagian dari pertumbuhan baru di Pulau Kalimantan

Instansi ini juga mengupayakan pengurangan alih fungsi lahan. Konversi lahan pertanian menjadi perkebunan kelapa sawit dan peternakan menjadi perhatian utama. Upaya persuasif dan edukasi terus dilakukan untuk meminimalisir alih fungsi lahan.

“Kami juga memberikan bantuan bibit benih padi unggul, pupuk bersubsidi, dan alat pendukung pertanian lainnya  kepada petani untuk meningkatkan hasil panen,” ujarnya.

Baru-baru ini, DPKP Kaltara juga mendirikan Sekolah Lapang Padi di Kabupaten Bulungan. Program ini diadakan setiap musim tanam untuk melatih petani tentang budidaya padi, penanganan hama penyakit, dan pembuatan pupuk organik.

Dengan bantuan dari Bank Indonesia, DPKP Kaltara juga mengadakan demplot untuk meningkatkan hasil panen padi sawah dan padi ladang.

Kaltara memiliki potensi besar untuk pengembangan tanaman pangan, terutama di Kabupaten Bulungan, Malinau, dan Nunukan. Kawasan ini memiliki lahan yang luas dan cocok untuk budidaya padi dan jagung.

"Dengan upaya berkelanjutan dan sinergi dari semua pihak, kami yakin Kaltara dapat menjadi lumbung pangan yang mendukung IKN dan ketahanan pangan nasional," katanya.

Baca juga: Satgas Infrastruktur: IKN sudah miliki sumber air baku

Upaya Kaltara meningkatkan produksi  pangan juga membutuhkan dukungan dan sinergi dari berbagai pihak, seperti petani maupun swasta.

“Kerja sama yang solid dan berkelanjutan menjadi kunci untuk mewujudkan Kaltara sebagai penunjang IKN yang tangguh dan mandiri dalam hal ketahanan pangan,” ujarnya.

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024