Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) melatih 40 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Tamansari untuk meningkatkan kualitas industri kuliner wilayah setempat.

"Ada 40 peserta yang ikut dan berminat untuk mengembangkan kewirausahaannya dalam menambah penghasilan, memenuhi kebutuhan keluarga," kata Kepala Seksi Perindustrian Suku Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) Jakarta Barat, Een Herawati dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Adapun pelatihan itu dilaksanakan selama dua hari mulai Senin (22/7) sampai dengan Selasa (23/7) Juli 2024.

Baca juga: PPKUKM Jakbar targetkan 400 UMKM miliki sertifikat halal pada 2024

Een berharap para peserta menerapkan ilmu dan materi yang didapatkan untuk meningkatkan kualitas usaha kuliner mereka lewat pelatihan itu.

Pelatihan tersebut meliputi pembuatan resep-resep baru, cara menghidangkan makanan serta cara penyajian yang menarik untuk menarik pelanggan. "Menjadi peserta yang maju dan sukses, karena banyak ilmu yang bisa dipelajari dari pelatihan ini," katanya. 

Diketahui, hingga kini terdapat sekitar 36.000 pelaku UMKM binaan Sudin PPKUKM Jakbar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.282 pelaku UMKM telah menerapkan QRIS dalam proses transaksi, sebanyak 2.769 telah memiliki Nomor Induk Berusaha dan 1.714 telah memiliki sertifikasi halal.

Baca juga: PPKUKM Jakbar luncurkan SEMARAK permudah pemasaran UMKM
Baca juga: PPKUKM Jakbar beri fasilitas gratis bagi UMKM yang terapkan QRIS


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024