Jakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra mengumumkan sejumlah nama bakal calon gubernur yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 dari mulai Provinsi Aceh hingga Nusa Tenggara Timur.

"Ini beberapa nama dan provinsi yang sudah diputuskan oleh Pak Prabowo sebagai Ketua Umum, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra pada pilkada yang akan datang," kata Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Muzani menjelaskan bahwa Partai Gerindra memutuskan untuk mengusung Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Luthfi sebagai bakal cagub pada Pilkada Jawa Tengah.

"Jawa Tengah, Pak Prabowo putuskan adalah Irjen Polisi Drs. H. Ahmad Luthfi menjadi bakal calon gubernur," paparnya.

Untuk Pilkada Aceh, lanjut Muzani, Ketua Umum Partai Gerindra memutuskan mengusung mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Muzakir Manaf untuk maju sebagai bakal cagub.

"Kemudian Nusa Tenggara Timur, beliau memutuskan saudara Emmanuel Melkias Laka Lena," tuturnya.

Baca juga: Golkar dan Gerindra jajaki koalisi di Pilkada Jakarta 2024
Baca juga: Gerindra rekomendasikan mantan aspri Prabowo maju Pilkada Kota Bandung


Selanjutnya, Partai Gerindra memutuskan untuk mengusung Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Maluku Hendrik Lewerissa untuk maju sebagai bakal cagub pada Pilkada Provinsi Maluku.

"Kemudian untuk Kalimantan Tengah, beliau putuskan adalah saudara Agustiar Sabran sebagai bakal calon gubernur," ujarnya.

Selain itu, Partai Gerindra mengusung mantan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman sebagai bakal cagub pada Pilkada Sulawesi Selatan.

Muzani menjelaskan bahwa nama-nama bakal calon kepala daerah tersebut diputuskan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dari berbagai masukan dan kajian terhadap hasil survei, aspirasi masyarakat, hingga struktur Partai Gerindra di berbagai daerah.

Ia berharap nama-nama bakal calon yang telah diputuskan Prabowo Subianto itu dapat terpilih menjadi kepala daerah pada Pilkada Serentak 2024.

"Kami harap seluruh kader Partai Gerindra segera mempersiapkan diri untuk memenangkan calon gubernur yang akan kita majukan pada pilkada dan akan didaftarkan 27 Agustus mendatang," kata Muzani.

Baca juga: Gerindra beri rekomendasi Eks Dubes Turki maju di Pilkada NTB 2024
Baca juga: Sekjen Gerindra: Prabowo dalam waktu dekat umumkan bakal cagub Jateng

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024