Medan (ANTARA) -
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Utara mengumpulkan infak maupun sedekah masa pemulangan jamaah haji sebesar Rp225,85 juta.

"Alhamdulillah, kita telah kumpulkan infak dalam pemulangan jamaah haji Sumatera Utara sebesar Rp225 juta," ucap Ketua Baznas Sumatera Utara Prof Dr H Mohammad Hatta, di Medan, Senin.
 
Pihaknya mengapresiasi jamaah haji asal Sumatera Utara yang menyisihkan sebahagian hartanya usai kembali dari tanah suci setiap penyambutan kloter di Asrama Haji Medan.
 
Data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan menyebutkan, sebanyak 8.672 haji atau 99,71 persen asal Sumatera Utara telah dipulangkan ke kampung halaman.
 
Pemulangan jamaah haji asal Sumatera Utara dari Kloter 1 sampai Kloter 25 Debarkasi Medan dilepas, di Asrama Haji Medan pada 24 Juni hingga 21 Juli 2024.
 
"Semoga ibadah hajinya diterima Allah SWT menjadi haji mabrur dan mabrurah serta diberikan kesehatan yang paripurna," kata Hatta.

Baca juga: Irjen Kemenag ingatkan jaga kemabruran haji usai kembali ke Tanah Air
 
Dia juga melaporkan, hasil pengumpulan infak jamaah haji asal Sumatera Utara hingga kloter terakhir terkumpul sebesar Rp225,85 juta terdiri atas Rp184,91 juta kemudian 9.629 riyal dan dua ringgit.
 
Pengumpulan infak tahun ini meningkat sekitar 52 persen atau Rp146,28 juta dibandingkan pada 2023 disalurkan untuk membantu pembangunan/rehabilitasi masjid dan musholla di daerah minoritas Muslim di Sumatera Utara.
 
Ada tujuh masjid telah dibantu pada 2023, yakni Masjid Al-Ikhlas Kantor Kemenag Nias Selatan, Masjid Jami’ Nurul Iman di Gunungsitoli, Masjid Taqwa di Nias Barat, Masjid Alimun Ar-Rasyid di Labuhanbatu Selatan, Masjid As Sakinah Desa Bozihona di Nias, Masjid Al-Ikhlas di Deli Serdang dan Masjid Baiturrahim di Karo.
 
Tahun ini pihaknya kembali menyalurkan infak untuk membantu pembangunan/rehabilitasi masjid dan musholla di daerah minoritas Muslim Sumatera Utara yang berpedoman pada tiga aman, yaitu aman syar’i, aman regulasi dan aman NKRI
 
"Pengumpulan infak jamaah haji Sumatera Utara ini terlaksana atas izin PPIH Debarkasi Medan, karena itu kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," tutur dia.
 
Terutama kepada para petugas PPIH Debarkasi Medan yang turut menginformasikan pengumpulan infak kepada jamaah haji asal Sumatera Utara di Asrama Haji Medan setiap kloter, papar Hatta.

 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024