Jakarta (ANTARA) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengaku senang terhadap keputusan Partai NasDem untuk mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk berkontestasi di Pilkada Jakarta 2024.

"PKB senang sekali karena bertambahlah partai yang mendukung Anies. PKB kan partai pertama yang sudah mengusung Anies, kan tinggal mengumumkan saja kan," kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin.

Baca juga: Anies harap dapat dukungan banyak parpol untuk maju Pilkada Jakarta

Walaupun demikian, ia mengharapkan partai-partai yang telah menyatakan dukungan kepada Anies, yakni partainya, NasDem, hingga Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk duduk bersama membahas Pilkada Jakarta.

"Ya kan ini deklarasi masing-masing saja. Masing-masing deklarasi, dan sekarang duduk bersama, melengkapi apa yang menjadi kelengkapan seorang calon," ujarnya.

Baca juga: NasDem pilih usung Anies ketimbang kader sendiri di Pilkada Jakarta

Ia menyebut dua bahasan yang kemungkinan dibahas dalam pertemuan tersebut adalah terpenuhinya syarat perolehan suara 20 persen di Pemilu 2024, dan pasangan yang akan mendampingi Anies di Pilkada Jakarta.

"Pengumuman sendiri-sendiri begini, itu kira-kira membuat PKB lebih yakin bahwa Anies akan mendapatkan perahu, tetapi apakah perahu itu utuh? Belum, sepanjang tiga-tiganya atau partai pengusungnya duduk bersama dan menentukan siapa pasangannya," katanya.

Baca juga: NasDem: Anies-Kaesang belum berjodoh pada Pilkada DKI Jakarta 2024

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim mengungkapkan bahwa partainya resmi memberikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024.

"Sore ini kami telah membulatkan tekad menyepakati untuk Pilkada DKI. Surya Paloh yang pimpin rapat tadi langsung menetapkan Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari Partai NasDem," ujar Hermawi di NasDem Tower, Jakarta, Senin.

Baca juga: NasDem resmi usung Anies Baswedan untuk Pilkada DKI Jakarta 2024
Baca juga: Sandiaga lebih percaya diri maju pada pilkada Jakarta ketimbang Jabar
Baca juga: PDIP buka peluang usung sosok baru di Pilkada Jakarta

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024