bantuan ini merupakan dana dari uang zakat infak sedekah yang dikumpulkan Baznas (Bazis)  dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Kepulauan Seribu
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional/ Badan Zakat Infak Sedekah (Baznas (Bazis)) Kepulauan Seribu mendistribusikan pendayagunaan dana zakat infak dan sedekah kepada petugas Penyedia Jasa Layanan Perorangan (PJLP) di wilayahnya.

"Kegiatan ini dalam rangka Festival Muharam Tahun 1446 Hijriah sebagai bentuk  penghargaan bagi petugas PJLP Kabupaten Kepulauan Seribu," kata Bupati Kepulauan Seribu Junaedi di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan bantuan ini merupakan dana dari uang zakat infak sedekah yang dikumpulkan Baznas (Bazis)  dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Kepulauan Seribu.

Dirinya berharap dana zakat, infak, sedekah ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan bisa bermanfaat bagi keluarga.

"Kami ingin penyaluran dana ini tepat sasaran dan diterima orang yang benar membutuhkan sesuai dengan syariat," kata dia

Sementara itu, Plt Korwil Baznas (Bazis) Kabupaten Kepulauan Seribu Lukman menjelaskan dana zakat infak dan sedekah yang dikumpulkan tidak hanya untuk 59 PJLP Kabupaten Kepulauan Seribu.

Namun juga disalurkan untuk pengurus masjid dan anak yatim.

Menurut dia dana dari hasil infak dan sedekah ASN Kabupaten Kepulauan Seribu dan bantuan jumlahnya tidak banyak tapi diharapkan dapat membantu meringankan beban keluarga.

Sebelumnya Baznas (Bazis) Kabupaten Kepulauan Seribu menargetkan jumlah zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang dikumpulkan di wilayah tersebut mencapai Rp5,5 miliar pada 2024.

Pada tahun 2023 pengumpulan ZIS sebesar Rp2,74 miliar dan proyeksi pengumpulan pada tahun ini menjadi Rp5,5 miliar.

Pihaknya mempunyai tugas pokok mengumpulkan ZIS dan menyalurkan kepada yang berhak menerima (mustahik).

Baznas (Bazis) terus berupaya agar pengumpulan zakat setiap tahunnya terus bertambah sehingga dapat membantu para mustahik.

Program penyaluran bantuan pada tahun 2023 total sebesar Rp2,61 miliar, yang disalurkan kepada para mustahik di kepulauan tersebut.
Baca juga: Baznas DKI panen setengah ton Kerapu Cantang di Kepulauan Seribu
Baca juga: BAZNAS (BAZIZ) Jakbar targetkan kumpulkan zakat Rp49 miliar pada 2024
Baca juga: Heru bersama BUMD salurkan zakat melalui BAZNAS BAZIS DKI Jakarta

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024