Jakarta (ANTARA) - Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) mendorong pemerintah untuk menarik lebih banyak investasi di sektor bahan baku makanan untuk mendukung pertumbuhan industri makanan dan minuman (mamin) di Indonesia, serta mengurangi ketergantungan terhadap impor.

Ketua Umum GAPMMI Adhi Lukman di Jakarta, Senin, menyatakan bahwa industri mamin di Indonesia saat ini masih banyak bergantung pada impor bahan baku.

Beberapa bahan baku seperti terigu, gula, garam, kedelai, dan susu masih harus diimpor.

Padahal, menurut Adhi, industri makanan dan minuman di Indonesia terus bertumbuh. Menurut data Kementerian Perindustrian, industri makanan dan minuman mencatatkan pertumbuhan PDB sebesar 4,90 persen pada 2022. Kontribusi sektor ini terhadap PDB industri pengolahan non-migas mencapai 38,35 persen, menjadikannya penyumbang terbesar di antara sektor-sektor lainnya.

Selain itu, pada 2022 industri makanan dan minuman termasuk dalam lima besar industri dengan kontribusi ekspor tertinggi dengan nilai mencapai 48,61 miliar dolar AS.

Di sisi lain, Kemenperin mencatat sekitar 60-65 persen bahan baku yang digunakan oleh industri makanan dan minuman, baik skala besar maupun kecil, adalah impor.

"Apabila ingin mengurangi produk impor, tetapi bahan bakunya tidak tersedia di dalam negeri kan sulit maka perlu investasi," ucapnya.

Adhi mengakui bahwa banyak investor yang lebih memilih untuk berinvestasi di Singapura atau Malaysia karena berbagai kemudahan yang ditawarkan, baik dari segi finansial, logistik, dan perizinan.

Ia menambahkan pameran internasional bisa menjadi salah satu strategi untuk menarik investor masuk ke Indonesia. Salah satunya, pameran bahan baku makanan Food Ingredients Asia Indonesia 2024, yang akan menghadirkan sekitar 700 brand suppliers dari 38 negara.

“Kami berharap pak Menteri Perindustrian akan hadir untuk mendorong industri intermediate, termasuk industri bahan baku makanan untuk tumbuh di Indonesia karena target pak presiden ingin mengurangi sebanyak mungkin produk impor,” kata Adhi.

Food Ingredients Asia Indonesia akan kembali hadir tahun ini pada 4-6 September di Jakarta International Expo.

Baca juga: GAPMMI berharap suku bunga acuan tetap 6,25 persen hingga akhir 2024
Baca juga: Pameran Food Ingredients kembali hadir di Jakarta
Baca juga: Gapmmi: Inisiasi kelembagaan kakao-kelapa pacu hilirisasi

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024