Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 500 anak jenjang TK/PAUD dan SD Kota Jayapura, Papua mengikuti festival olahraga anak usia dini yang berlangsung di GOR Cenderawasih, Senin.

Penjabat Wali Kota Jayapura Christian Sohilait di Jayapura, Senin, mengatakan festival yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga setempat dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 merupakan gagasan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Baca juga: 8.000 siswa sambut Presiden saat menuju lokasi HAN

"Melalui kegiatan ini kami minta supaya para guru dapat membiarkan anak-anak berekspresi, karena jenis lomba penuh dengan edukasi," katanya.

Menurut Sohilait, festival olahraga anak usia dini juga dapat membuat perkembangan motorik anak akan berjalan bersamaan dengan kematangan fisik.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura Rocky Bebena mengatakan festival olahraga anak usia dini melibatkan 300 anak kelompok usia 4-5 tahun dan 200 anak kelompok usia 7-8 tahun.

"Semua peserta merupakan para siswa di sekolah jenjang TK/PAUD dan SD yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura," katanya.

Baca juga: Tokoh adat minta masyarakat Papua sukseskan HAN ke-40 2024

Baca juga: Pemprov sebut persiapan HAN di Papua capai 70 persen


Dia menjelaskan ada sekitar delapan gerak yang diperagakan oleh anak-anak, sehingga dapat melatih disiplin dan tanggung jawab serta kerja sama tim.

"Kami juga memberikan sebuah penghargaan bagi mereka, sehingga anak-anak memiliki rasa bangga atas apa yang sudah dilakukan," ujarnya.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024