Kalau pekerjaan ini selesai, tahun depan Insya Allah kita akan dapat lagi dana bagi hasil sawit dan akan kita lanjutkan pekerjaan sepanjang 17 km menuju Pekan Tua
Tembilahan, Riau,, (ANTARA) - Pejabat Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, Herman mengungkapkan, daerahnya merupakan kabupaten pertama di Provinsi Riau yang merealisasikan Dana Bagi Hasil (DBH) perkebunan sawit dengan pengerjaan dua paket jalan.

Pj Herman mengatakan, realisasi itu berupa pengerjaan proyek rekonstruksi jalan ruas Pekan Tua-Pengalihan. Pekerjaan itu dibagi dalam dua paket pengerjaan yakni paket A dengan nilai Rp17 miliar lebih dan paket B senilai Rp33 miliar lebih.

"Paket A dengan nilai Rp17 miliar lebih panjang penanganannya yakni 1,825 kilometer, lebar 5 meter, lebar bahu 0,75 m kiri, 075 m kanan. Paket B panjang penanganan 3,3 km, lebar 5 m, lebar bahu 0,75 m kiri dan 0,75 m kanan," katanya di Tembilahan, Riau, Senin.

Herman telah meninjau secara langsung proses pengerjaan ruas jalan tersebut dan berharap pekerjaan tersebut dapat selesai tepat waktu. Jika bisa sebelum jatuh tempo sudah selesai, karena di lapangan tidak ada halangan yang sangat berarti.

Ia juga menyampaikan, pada 2025 nanti Pemkab Inhil kembali akan mendapatkan dana bagi hasil sawit. Hal itu akan dilanjutkan dengan pekerjaan jalan sepanjang 17 km menuju Pekan Tua.

“Kalau pekerjaan ini selesai, tahun depan Insya Allah kita akan dapat lagi dana bagi hasil sawit dan akan kita lanjutkan pekerjaan sepanjang 17 km menuju Pekan Tua,” tutur Herman.

Selain pembangunan jalan sepanjang 5 km, masyarakat Desa Pengalihan juga mendapatkan jaringan listrik 24 jam. Diharapkan ini bisa terealisasikan sebelum akhir tahun masyarakat.

"Kami juga berharap kepada masyarakat di sini untuk membantu pemerintah mengawasi pekerjaan jalan ini, laporkan apabila ada yang tidak sesuai,” tambah Herman.

Kepala Desa Pengalihan, Usman, menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan Pj Bupati Inhil dalam merealisasikan harapan yang ditunggu tunggu masyarakat Desa Pengalihan.

"Terimakasih kepada Pj Bupati Inhil, karena berkat doa, dorongan dan dukungannya dapat merealisasikan pembangunan jalan dan pemasangan listrik gratis kepada warga Desa Pengalihan,” ucapnya.

Baca juga: Pemprov Riau menormalisasi Sungai Reteh Inhil sepanjang 5 km
Baca juga: PUPR-PKPP Riau memperbaiki jembatan ambruk di Inhil 

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Adriah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024