Jakarta (ANTARA) - Minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan minyak yang berasal dari buah kelapa. Minyak alami ini terbuat dari hasil ekstraksi daging kelapa yang di proses tanpa pengolahan kimia.

Minyak kelapa murni tidak hanya dapat digunakan untuk memasak saja, tetapi banyak ragam manfaatnya terutama untuk kesehatan.

Minyak kelapa murni mengandung asam lemak jenuh sekitar 80-90 persen, dengan kandungan asam jenuh yaitu asam laurat, asam miristat dan asam palmitat. Untuk nutrisi, minyak kelapa murni memiliki vitamin, mineral, dan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E. 

Jadi apa saja manfaat minyak kelapa murni? Berikut lima manfaat yang dirangkum dari berbagai sumber: Manfaat Minyak Kelapa Murni

1. Membunuh bakteri

Kandungan asam laurat pada minyak kelapa dapat membunuh bakteri, jamur dan virus. Dengan sering mengkonsumsi minyak kelapa dapat menurunkan risiko akibat infeksi mikroba.

2. Menjaga Kulit Wajah

Minyak kelapa murni mengandung vitamin E dan asam lemak essensial yang membantu menjaga kulit dari ruam merah, kulit kering dan bersisik. Minyak kelapa juga dapat menjaga kelembapan kulit dan menghindari tanda penuaan dini dengan cara mengoleskannya langsung di kulit wajah.

3. Membakar Lemak

Minyak kelapa murni memang memiliki lemak, namun lemak yang terkandung merupakan lemak sehat. Mengkonsumsi minyak kelapa murni dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membakar lemak dalam tubuh dan meningkatkan jumlah kalori yang terbakar, sehingga dapat menurunkan berat badan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida dapat diturunkan dengan menggunakan minyak kelapa murni. Mengkonsumsi minyak kelapa murni ternyata dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung, menjaga kesehatan pembuluh darah, stroke dan penyakit lainnya.

Namun, anda juga perlu mengimbanginya dengan makanan yang tinggi serat dan rendah gula.

5. Meredakan Gejala Alergi

Minyak kelapa bisa meredakan alergi, terutama gatal pada kulit dengan cara mengoleskannya secara langsung pada area kulit yang alergi. kendati demikian, Anda perlu memastikan apakah kulit Anda alergi dengan kandungan yang terdapat pada minyak kelapa tersebut.

Baca juga: Cara mudah membuat minyak kelapa di rumah

Baca juga: Perbedaan minyak kelapa dan minyak sawit, mana yang lebih sehat?

Baca juga: Mengenal minyak sawit beserta kandungannya


Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024