Jakarta (ANTARA) - Minyak bunga matahari yang diperoleh dari biji bunga matahari, telah lama menjadi bahan utama dalam masakan dan produk kecantikan.

Selain memberikan cita rasa dan aroma yang khas pada hidangan, minyak ini juga menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan yang cukup besar.

Minyak biji bunga matahari terutama mengandung asam linoleat (omega 6), sebuah asam lemak tak jenuh ganda, serta asam oleat yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal.

Meskipun keduanya penting bagi tubuh, masing-masing lemak ini bereaksi berbeda terhadap panas saat memasak dan memberikan dampak yang berbeda juga terhadap kesehatan.

Lalu apa saja manfaat dari minyak biji bunga matahari? Berikut penjelasan lengkapnya berdasarkan informasi dari berbagai sumber resmi.

Baca juga: Mengenal minyak merah dan kandungannya

Baca juga: Minyak kedelai, kelebihan dan kekurangannya


Manfaat minyak biji bunga matahari

1. Kesehatan untuk jantung


Salah satu manfaat utama minyak bunga matahari adalah kemampuannya dalam mendukung kesehatan jantung. Kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, seperti asam linoleat.

Minyak ini dapat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Menurunkan kadar trigliserida

Trigliserida merupakan jenis lemak yang ada dalam darah. Tingginya kadar trigliserida bisa memicu berbagai penyakit, termasuk diabetes, stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung.

Minyak biji bunga matahari diketahui dapat menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh, terutama jika digunakan sebagai pengganti lemak jenuh, seperti margarin dan minyak goreng kelapa sawit.

3. Kesehatan untuk kulit

Dalam perawatan kecantikan, minyak biji bunga matahari sering digunakan sebagai bahan pelembap kulit. Kandungan asam lemaknya membantu menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

Selain itu, minyak ini dapat membantu mengatasi peradangan dan iritasi pada kulit, membuatnya ideal untuk kulit yang sensitif.

4.Manfaat untuk kesehatan rambut

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, minyak ini juga mendukung untuk kesehatan rambut. Minyak tersebut dapat mengatasi kekeringan dan meningkatkan kesehatan rambut dengan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kilau dan kekuatan rambut.

5. Menjadi antibakteri

Manfaat lain dari minyak biji bunga matahari yaitu kemampuannya untuk melawan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Berbagai studi menunjukkan bahwa minyak biji bunga matahari dapat membunuh bakteri patogen seperti Escherichia coli, Staphylococcus aureus, dan Pseudomonas aeruginosa.

Ketiga bakteri ini merupakan penyebab utama penyakit seperti diare, infeksi saluran kemih, infeksi kulit, dan penyakit pernapasan.

6. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Paparan berlebihan terhadap radikal bebas dapat merusak sel dan menurunkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

Konsumsi minyak bunga matahari dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin E dalam minyak ini berfungsi sebagai antioksidan.

7. Memperlancar sistem pencernaan

Minyak biji bunga matahari juga memberikan manfaat untuk sistem pencernaan. Dengan kandungan serat yang rendah, minyak ini mudah dicerna.

Sementara sifat antiinflamasi yang dimilikinya dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pencernaan.

Mengintegrasikan minyak ini ke dalam diet juga dapat mendukung kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

8. Mempercepat penyembuhan luka

Minyak biji bunga matahari dapat mempercepat penyembuhan luka ketika dioleskan ke kulit, berkat kandungan asam oleatnya.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa minyak ini mungkin dapat menghambat perkembangan sel kanker kulit, meskipun temuan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Selain berbagai macam manfaat yang telah disebutkan, minyak biji bunga matahari juga tersedia dalam beragam produk dengan variasi harga yang berbeda, di antaranya:

Baca juga: Perbedaan minyak sawit dan minyak kelapa

Baca juga: Mengenal minyak kedelai, bahan dan kandungan nutrisinya


Harga minyak bunga matahari dari beberapa macam produk di Indonesia

1. Tropicana Slim sunfower oil 946ml


Tropicana Slim Sunflower Oil 946 ml dijual dengan harga pasaran yang terjangkau, yaitu Rp92.000. Produk ini dapat ditemukan di berbagai supermarket yang tersedia di Indonesia, seperti salah satunya Indomaret.

2. Lily flawor sunflower Oil 2L

Lily Flawor Sunflower Oil 2L tersedia di berbagai platform e-commerce dengan harga yang bervariasi. Di Blibli.com, produk ini dibanderol dengan harga Rp124.063.

3. Kroger sunflower oil 5L

Kroger Sunflower Oil 5L tersedia di berbagai platform e-commerce dengan harga yang bervariasi. Di Tokopedia, minyak ini dibanderol dengan harga Rp245.000.

Namun, harga-harga tersebut hanya sebagai contoh kisaran harga pasaran yang umumnya ditemukan. Produk-produk ini dapat dibeli di berbagai platform e-commerce dan supermarket, dengan harga yang mungkin bervariasi tergantung pada tempat dan waktu pembelian.

Baca juga: Perbedaan minyak kelapa dan minyak sawit, mana yang lebih sehat?

Baca juga: Kegunaan minyak biji bunga matahari pada kesehatan dan kecantikan

Baca juga: Manfaat minyak sawit untuk kesehatan

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024