Kami tentu berharap dengan kunjungan dan pemberian bantuan di Posyandu Onomi oleh Ketua TP PKK pusat akan membawa dampak baik tidak hanya di posyandu itu tetapi di 226 posyandu lainnya
Sentani (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jayapura mengharapkan kader posyandu lebih bersemangat dalam mencegah stunting di daerah itu.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat Tri Suswati Tito Karnavian bersama Ketua Pokja 4 Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP PKK Pusat Ai Dariah Gede Suratha menyambangi Posyandu Onomi dalam rangka pencegahan stunting dan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 2024.

Kepala Dinkes Jayapura Khairul Lie di Sentani, Senin, mengatakan setelah kunjungan Ketua TP PKK pusat Tri Suswati Tito Karnavian di Puskesmas Onomi akan berdampak positif terhadap semangat para kader posyandu di daerah ini.

“Kami tentu berharap dengan kunjungan dan pemberian bantuan di Posyandu Onomi oleh Ketua TP PKK pusat akan membawa dampak baik tidak hanya di posyandu itu tetapi di 226 posyandu lainnya,” kata Khairul Lie.

Baca juga: Ketua PKK Pusat harap masyarakat Papua sukseskan program stunting

Menurutnya, pemberian makanan tambahan dan makanan bergizi akan mampu mencegah anak terkena stunting.

“Intinya itu orang tua harus merencanakan kehamilan, sehingga perhatian berupa makanan bergizi diberikan terhadap anak ketika masih di dalam kandungan,” ujarnya.

Dia menjelaskan kunjungan ke Posyandu Onomi merupakan agenda dari TP PKK Pusat untuk melihat sejauh mana pelayanan posyandu dalam memberikan makanan bergizi kepada balita dan anak-anak.

“Kami juga berharap dengan kunjungan Ibu Ketua TP PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian bisa memberikan semangat kepada kader posyandu untuk lebih meningkatkan pelayanan khususnya kepada balita dan anak-anak,” katanya.

Baca juga: Ketua PKK Pusat serahkan PMT ibu hamil Posyandu Onomi cegah stunting

Dia menambahkan prevalensi stunting di Jayapura hingga saat ini 13,7 persen, masih berada di bawah target nasional 14 persen.

“Penanganan stunting terus dilakukan khususnya di 25 kampung yang menjadi fokus pemerintah daerah (pemda) untuk bagaimana memberikan pelayanan optimal sehingga balita di anak-anak bisa memperoleh kondisi yang sehat yang disesuaikan tinggi, berat badan dan umur,” ujarnya.

Posyandu di Kabupaten Jayapura saat ini berjumlah 227 yang tersebar di 139 kampung dan lima kelurahan.

Baca juga: TP PKK Pusat salurkan 15.120 minyak goreng melalui pasar murah

 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024