Jakarta (ANTARA) - PSM Makassar mampu bangkit dari tertinggal dua gol untuk menahan imbang Persis Solo dengan skor 2-2, pada pertandingan Grup A Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin.

Hasil itu membuat PSM dan Persis masing-masing memiliki satu poin, dan menghuni posisi ketiga dan keempat di klasemen sementara Grup A.

Pertandingan belum berusia semenit saat Ramadhan Sananta membawa Persis memimpin. Menerima bola panjang dari belakang kiriman Eduardo Kunde, Sananta yang lepas dari kawalan Yuran Fernandes kemudian menyelesaikan peluang itu dengan sepakan keras kaki kanan yang bersarang ke tiang jauh gawang PSM.

PSM berupaya secepatnya untuk menyamakan kedudukan. Peluang bagus didapat beberapa saat setelah mereka kemasukan melalui kemelut di mulut gawang Persis, tetapi tembakan Adilson masih mengenai bek lawan.

Sayangnya ketajaman PSM di depan gawang harus sedikit berkurang, akibat Adilson mengalami cedera. Ia kemudian digantikan pemain tengah Ananda Reyhan pada menit ke-24.

Setelah kedua tim saling gempur, PSM memiliki peluang bagus dari situasi bola mati. Namun kali ini sundulan Yuran Fernandes dari bola tendangan sudut masih melambung ke atas gawang Persis.

Justru Laskar Sambernyawa yang mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-39. Diawali kesalahan operan kiper Muhammad Ardiansyah kepada Yuran, bola kemudian dikuasai Moussa Sidibe. Sepakan Sidibe dapat diblok pemain PSM, tetapi bola pantul kemudian mampu disambar Sananta untuk menjadi gol keduanya di laga ini.

Skor 2-0 untuk keunggulan Persis menutup babak pertama.


Baca juga: Persija bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1 atas Madura United
  Pada awal babak kedua, baik Persis maupun PSM melakukan beberapa pergantian pemain. Persis mengganti tiga pemainnya, sedangkan PSM mengganti kelima pemainnya, ternasuk memasukkan Dzaky Asraf.

Setelah beberapa peluang dari permainan bola hidup gagal berbuah gol, akhirnya PSM mampu memperkecil ketertinggalan melalui situasi bola mati. Dari bola tendangan sudut Dzaky Asraf, bola disambut sundulan bek jangkung Yuran untuk melesak masuk ke gawang Persis pada menit ke-58.

Keberhasilan memperkecil ketertinggalan membuat PSM terlihat semakin bersemangat untuk memburu gol berikutnya. Pemain pengganti lainnya, Abdul Rahman, kali ini membuang peluang saat sepakannya melambung ke atas gawang Persis.

Abdul Rahman menebus kegagalannya itu pada menit ke-68. Peluang PSM diawali dari pergerakan dan umpan silang Nermin Hajelta dari sisi kiri pertahanan Persis, bola umpan silang Nermin dapat disambut tandukan Victor Luis Filho yang masih berhasil dihalau kiper Riyandi, tetapi kali ini Abdul Rahman bergerak cepat melesakkan bola pantul masuk ke gawang Persis. Skor kini imbang 2-2.

Pada fase akhir laga, wasit sempat kartu merah kepada Rian Miziar karena awalnya dinilai melanggar Nermin. Namun setelah dilakukan tinjauan VAR, ia membatalkan keputusan itu dan hanya memberikan kartu kuning kepada Rian.

PSM memiliki peluang bagus terakhir menjelang laga usai. Nermin di sisi kiri mengirim umpan silang ke mulut gawang Persis, tetapi sundulan Victor masih melambung di atas gawang lawan. Skor imbang 2-2 bertahan sampai akhir laga.


Baca juga: Arema FC kalahkan Bali United 1-0 pada Piala Presiden 2024 Daftar susunan pemain:

  Persis Solo: Muhamad Riyandi, Ricardo Lima, Eduardo Kunde, Giovani Numberi, Rizky Dwi, Sutanto Tan, Sho Yamamoto, Rendy Sanjaya, Ripal Wahyudi, Ramadhan Sananta, Moussa Sidibe

  Pelatih: Milomir Seslija

  PSM Makassar: Muhammad Ardiansyah, Yuran Fernandes, Aloisio Soares, Syahrul Lasinari, Victor Dethan, Rizky Eka, Latyl Fall, Muhammad Arfan, Ricky Pratama, Adilson Da Silva, Nermin Hajelta

  Pelatih: Bernardo Tavares

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024