Kami menerapkan shift untuk kegiatan belajar mengajar pada siswa kelas satu mulai pukul 07:00 WIB hingga pukul 10:00 WIB dan siswa kelas dua mulai pukul 10:00 WIB hingga pukul 13:00 WIB
Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menerapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara sistem bergilir pada sekolah yang mengalami kerusakan karena terdampak gempa yang terjadi pada 7 Juli 2024.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang Bambang Suryantoro Sudibyo di Batang, Senin, mengatakan bahwa ada satu ruangan sekolah yaitu Sekolah Dasar Kalisalak yang tidak bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar pada hari pertama masuk sekolah.

"Oleh karena itu, kami menerapkan shift untuk kegiatan belajar mengajar pada siswa kelas satu mulai pukul 07:00 WIB hingga pukul 10:00 WIB dan siswa kelas dua mulai pukul 10:00 WIB hingga pukul 13:00 WIB," katanya.

Menurut dia, Dinas Pendidikan sudah mengusulkan pada pemerintah daerah agar secepatnya memperbaiki ruang sekolah yang rusak itu agar kegiatan belajar mengajar bisa berlangsung normal.

Baca juga: Memulihkan mental dan psikologi anak pascagempa Batang

"Kami masih menunggu anggaran perbaikan ruang gedung yang rusak itu. Akan tetapi, biar jelas kapan ada perbaikan ruang gedung yang rusak itu, bisa tanya saja sama pak Sekda," katanya.

Guru Kelas SD Kalisalak Hari mengatakan kemungkinan penerapan kegiatan belajar mengajar secara shift berlangsung hingga dua bulan ke depan.

Adapun untuk siswa kelas satu dan siswa kelas dua dengan memakai sistem bergilir itu, kata dia, akan dimulai Selasa (23/7).

Dikatakan, dengan melihat kondisi ruang kelas yang kini rusak akibat gempa itu mempengaruhi kejiwaan anak ketika menerima pelajaran.

"Ruang kelasnya ada yang tidak bisa dipakai karena rusak parah. Kerusakan ruangan gedung sekolah itu nantinya direncanakan menggunakan anggaran dari pemerintah daerah," katanya.

Baca juga: Puan minta pemerintah segera salurkan bantuan korban gempa Batang
Baca juga: BMKG lakukan survei kerusakan akibat gempa bermagnitudo 4,4 di Batang

Pewarta: Kutnadi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024