Jakarta (ANTARA) - Pameran bahan baku makanan dan minuman terbesar di Indonesia, Food Ingredients (Fi) Asia Indonesia, akan kembali hadir tahun ini pada 4-6 September di Jakarta International Expo.

Ketua Umum Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi Lukman, dalam jumpa pers di Jakarta, Senin, mengatakan Food Ingredients menjadi pameran yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tren industri makanan dan minuman di Indonesia.

“Kita butuh dukungan dari para pemasok bahan baku supaya kita bisa berkreasi membuat produk-produk baru dan memenuhi tren kebutuhan konsumen apalagi kebutuhan akan makanan yang lebih sehat,” katanya.

Perkembangan industri makanan dan minuman terus meningkat berdasarkan kebutuhan global yang mendorong aktivitas ekspor dan impor, termasuk di Indonesia.

Data dari Food Industry Asia menunjukkan total pengeluaran untuk makanan di Asia akan mencapai 8 triliun dolar AS pada 2030. Angka ini dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan produk makanan sehat, segar, aman, dan berkelanjutan yang tetap mempertahankan cita rasa nikmat.

Baca juga: GAPMMI harap BI segera intervensi guna pulihkan nilai tukar rupiah

Selain tren makanan sehat, makanan halal juga memiliki potensi ekonomi besar. Menurut Global Islamic Economy Index, Indonesia berada pada peringkat kedua dalam industri makanan dan minuman halal.

Pada 2022, Indonesia menjadi salah satu dari lima eksportir utama makanan dan minuman halal ke negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dengan nilai ekspor mencapai 13.1 miliar. dolar AS.

Potensi besar dalam industri makanan halal ini akan menjadi salah satu fokus dalam Food Ingredients (Fi) Asia Indonesia 2024.

Regional Portfolio Director (ASEAN) Informa Markets Rose Chitanuwat selaku penyelenggara mengatakan bahwa Food Ingredients (Fi) Asia Indonesia bakal menghadirkan 700 brand suppliers dari 38 negara, dan menargetkan 22.800 pengunjung selama pameran berlangsung.

Baca juga: Gapmmi: Inisiasi kelembagaan kakao-kelapa pacu hilirisasi

Ia mengatakan Fi Asia Indonesia 2024 tidak hanya pameran dagang, tetapi juga mencakup konferensi dan seminar. Acara ini akan menghadirkan konferensi internasional bertema “Toward One Health Through Sustainable and Innovative Food Science and Technology” dengan topik keamanan pangan, kesehatan dan gizi, serta lokakarya halal.

Fi Asia Indonesia 2024 juga menjadi kesempatan bagi para pelaku industri untuk komunikasi, berjejaring, berbagi pengetahuan dan teknologi terbaru di bidang bahan baku pangan.

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024