Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tonny Harjono melaporkan berbagai hal strategis TNI AU kepada Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin di kediaman resmi Wapres, Jakarta, Senin.

"Hari ini saya selaku Kepala Staf Angkatan Udara diterima oleh Bapak Wakil Presiden dan tadi pembicaraan seputar angkatan udara,” kata KSAU dalam keterangan persnya seusai pertemuan tersebut, di Jakarta, Senin.

Baca juga: Menko Polhukam minta KSAU siapkan alutsista untuk modifikasi cuaca

Salah satunya, kata Tonny, terkait perkembangan alat utama sistem senjata (alutsista) Tentara Nasional Indonesia yang dimiliki TNI AU.

“Saya melaporkan angkatan udara sekarang dengan berbagai alutsista yang ada, kondisi alutsista yang ada, sudah kami sampaikan kepada Bapak Wakil Presiden dan juga beberapa modernisasi peralatan alutsista angkatan udara ke depan,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, KSAU menyampaikan kepada Wapres bahwa dirinya sangat mengapresiasi pemerintah yang senantiasa mendukung pengembangan dan modernisasi alutsista, khususnya pada matra TNI Angkatan Udara.

“Jadi intinya Angkatan Udara sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah begitu besar memberikan perhatian dengan rencana penambahan alutsista yang terkini, alutsista yang modern,” tuturnya.

Baca juga: Panglima TNI minta KSAU lakukan terobosan untuk perkuat alutsista

Terakhir, KSAU mengungkapkan bahwa pada pertemuan ini, dirinya pun mendapat arahan Wapres terkait pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Udara ke depan, khususnya dalam menjaga kedaulatan NKRI.

“Intinya kami ingin lebih menjaga kedaulatan negara di udara dengan lebih solid tentunya didukung oleh komponen bangsa lainnya, baik TNI, Polri, dan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Saat menerima KSAU, Wapres didampingi Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi.

Baca juga: KSAU dan Prabowo bahas penguatan pertahanan udara
Baca juga: KSAU sebut TNI AU segera miliki pesawat nirawak baru
Baca juga: Pakar sebut modernisasi alutsista jadi "PR" KSAU baru

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024